Terdampak Fenomena Fase Bulan Baru, 6 Wilayah Pesisir Ini Berpotensi Banjir Rob - BeritaSatu

 

Terdampak Fenomena Fase Bulan Baru, 6 Wilayah Pesisir Ini Berpotensi Banjir Rob

Senin, 11 Maret 2024 | 07:05 WIB
SL
SL
Ilustrasi banjir rob.
Ilustrasi banjir rob. (Antara)

Jakarta, Beritasatu.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca nasional untuk Senin 11 Maret 2024. Prakirawan Rif’at Darajat meminta masyarakat di wilayah pesisir untuk mewaspadai potensi terjadinya banjir rob.

ADVERTISEMENT

“Waspada potensi banjir pesisir atau rob akibat fenomena fase bulan baru yang bersamaan dengan jarak terdekat bulan dengan bumi di pesisir Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Banten, Jawa Timur, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara,” ungkap Rif’at dalam siaran Info BMKG di YouTube yang dipantau Beritasatu.com, Minggu (10/3/2024) malam.

BACA JUGA

Selain potensi banjir rob, BMKG juga mendeteksi potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia. “Secara umum tinggi gelombang di perairan di Tanah Air berkisar antara 0,5 meter hingga 2,5 meter,” jelas Rif’at.

ADVERTISEMENT

Namun menurutnya, ada sejumlah perairan yang berpotensi terjadi gelombang tinggi antara 2,5 meter hingga 4 meter. Gelombang tinggi tersebut diprediksi berada di perairan Samudra Hindia barat Kepulauan Nias hingga Lampung, kemudian Samudra Hindia selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA

Potensi terjadinya gelombang tinggi itu diakibatkan adanyan bibit siklon 91S yang terpantau di Samudra Hindia sebelah barat daya Lampung yang bergerak ke arah tenggara, Bibit siklon ini menginduksi daerah peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot di Samudra Hindia barat daya Sumatera, Samudra Hindia selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat yang mampu meningkatkan potensi tinggi gelombang di sekitar bibit siklon tropis tersebut.

Sementara itu suhu udara di kota besar di Tanah Air berkisar antara 20 hingga 34 derajat celsius dengan kelembapan udara antara 55 hingga 100 persen.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek