12 Ribu Peserta Mudik Gratis DKI Berangkat Hari Ini - CNN Indonesia

 

12 Ribu Peserta Mudik Gratis DKI Berangkat Hari Ini

CNN Indonesia

Kamis, 04 Apr 2024 11:56 WIB

Belasan ribu peserta Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta diberangkatkan dengan 279 unit bus ke 19 kabupaten/kota di enam provinsi. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melepas keberangkatan 12.170 peserta mudik gratis 2024, dari Monas, Jakarta Pusat, Kamis (4/4).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan belasan ribu peserta mudik itu diberangkatkan dengan 279 unit bus ke 19 kabupaten/kota di enam provinsi.

"Kendaraan roda dua telah berangkat hari Rabu sebanyak 12 truk ke 6 kota tujuan yang mengangkut 335 unit sepeda motor," kata Syafrin.

Syafrin menjelaskan pemberangkatan paling banyak menuju ke Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Ia mengatakan untuk arus balik, ada 206 bus yang akan diberangkatkan menuju Jakarta pada 14 April.

"Ada peningkatan (pemudik). Tahun lalu itu angkanya sekitar 10.000 hampir 11.000," ujarnya.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan program mudik gratis Pemprov ini salah satunya bertujuan untuk menekan angka kecelakaan sepeda motor saat masa mudik.

"Bapak Gubernur yang hari ini saya wakili karena alasan kesehatan, berpesan kepada para pengendara bus agar berhati-hati, selalu lakukan pemeriksaan kendaraan, patuhi aturan lalu lintas dan tidak kebut-kebutan dengan pengendara lain," kata Joko.

Dalam kesempatan itu, Joko mengimbau masyarakat yang nantinya kembali ke Jakarta, tidak mengajak keluarga atau tetangga di kampung halaman mengadu nasib di Jakarta tanpa kemampuan kerja dan persiapan yang memadai.

"Pertimbangan risiko yang akan mereka hadapi seperti kesulitan memenuhi persyaratan administrasi kependudukan, akses terhadap pekerjaan, serta menemukan tempat tinggal yang layak dan tetap," kata Joko.

Baca Juga

Komentar