Diguyur Serangan Iran, Netanyahu Putuskan Tunda Penyerbuan ke Rafah: Mau Balas Teheran dalam 48 Jam - Halaman all - Tribunnews

 

Diguyur Serangan Iran, Netanyahu Putuskan Tunda Penyerbuan ke Rafah: Mau Balas Teheran dalam 48 Jam - Halaman all - Tribunnews

Diguyur Serangan Iran, Netanyahu Putuskan Tunda Penyerbuan ke Rafah, Mau Balas Teheran dalam 48 Jam

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dilaporkan memutuskan untuk menunda tanggal yang dijadwalkan untuk operasi penyerbuan darat oleh tentara Israel (IDF) ke Rafah di Jalur Gaza.

Laporan Perusahaan Penyiaran Israel, KAN mengatakan, keputusan itu diambil Netanyahu setelah menggelar rapat dengan kabinet perang.

Baca juga: Dituding Ikut Bantu Israel, Ternyata Ini Alasan Yordania Jatuhkan Drone yang Diluncurkan Iran

Selain memutuskan penundaan operasi darat ke Rafah, Netanyahu menyatakan Israel juga akan melancarkan serangan balasan kembali ke Iran dalam waktu 48 jam ke depan.

Amerika Serikat (AS), yang potang-panting membantu Israel mencegat serangan ratusan drone Iran, Minggu (14/4/2024), dilaporkan tidak setuju pada niatan Israel membalas Iran.

Baca juga: AS Sibuk Bantu Israel Jatuhkan Drone Iran di Suriah-Irak, Ini Video Ledakan di Langit Yordania

Iran: Kesimbangan Baru, Serangan Dibalas Serangan

Adapun Iran sudah mewanti-wanti Israel dan AS, serangan apapun ke wilayah Teheran sebagai bagian balasan atas operasi bertajuk 'Janji Sejati', juga akan langsung dibalas dengan serangan lebih keras.

Pihak Iran menyatakan, startegi menunggu dan 'sabar' sudah berakhir setelah agresi yang terus mereka terima dari AS dan Israel.

Iran menyatakan, ada keseimbangan baru (aturan main), kalau setiap serangan akan langsung ditanggapi juga dengan serangan yang lebih besar.

Baca juga: Drone Iran Dilaporkan Sudah Jebol Israel, Tangis dan Kepanikan Pemukim Yahudi Beredar di Jagat Maya

Iran Klaim Misi Tercapai

Iran menyatakan 'misi tercapai' setelah serangan ratusan rudal dan drone ke Israel.

IRGC mengatakan bahwa serangan tersebut, yang menargetkan beberapa lokasi, termasuk pangkalan yang terkait langsung dengan serangan konsulat, lebih berhasil dari yang diperkirakan.

Pihak berwenang dan pejabat Iran memuji keberhasilan Operasi Janji Sejati pada tanggal 14 April, yang menyebabkan ratusan drone dan rudal menyerang Israel pada hari itu sebagai respons terhadap serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus pada awal bulan.

“Operasi gabungan tersebut membawa pesan kekuatan dan kekuasaan kepada bangsa Islam dan pesan ketakutan dan penghinaan terhadap musuh-musuh umat manusia,” kata Presiden Iran Ebrahim Raisi dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, seraya menambahkan bahwa “tindakan tersebut cerdas dan penuh perhitungan dan drone serta rudal Iran [berhasil] menargetkan pangkalan militer Zionis.”

Raisi menambahkan bahwa serangan itu dilakukan dalam konteks membela kedaulatan dan kepentingan nasional Iran, menghukum musuh, dan meningkatkan keamanan regional.

Beberapa pejabat militer Iran mengkonfirmasi pada tanggal 14 April bahwa operasi tersebut mewakili sebagian kecil dari kemampuan Iran.

“Kami melakukan operasi terbatas, yang sepadan dengan agresi entitas Zionis, dan cakupannya bisa lebih luas. Laporan lapangan yang akurat dan terdokumentasi mengenai serangan sejauh ini menunjukkan bahwa operasi ini lebih berhasil dari yang diperkirakan,” kata Kepala Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Hossein Salami.

Dia menambahkan bahwa serangan drone dan rudal tersebut “inovatif” dan “berhasil menembus lapisan sistem pertahanan Zionis.”

“Setiap respons sembrono dari musuh akan ditanggapi dengan respons yang lebih kuat dan keras,” kata Salami.

Kepala Staf Angkatan Darat Iran, Mayor Jenderal Mohammad Hossein Baqeri, mengatakan pada Minggu pagi bahwa “misi tersebut telah tercapai dan memperoleh hasil yang diinginkan.”

Beberapa situs Israel menjadi sasaran serangan Iran. Tentara Israel membenarkan bahwa pangkalan udara Nevatim di selatan mereka rusak. Menurut kepala staf Iran, jet Israel yang menyerang konsulat di Suriah pada awal April lepas landas dari pangkalan Nevatim.

Baqeri menambahkan bahwa operasi tersebut “menargetkan pusat-pusat intelijen utama Israel di dataran tinggi Jabal al-Sheikh di perbatasan antara Suriah dan wilayah Palestina yang diduduki yang memberikan informasi intelijen untuk serangan udara Israel terhadap misi diplomatik Iran di Damaskus.”

Brigadir Jenderal Ram Aminach, mantan penasihat keuangan kepala staf Israel, memperkirakan sekitar $1 miliar dihabiskan untuk mencegat proyektil Iran selama serangan yang berlangsung selama berjam-jam itu.

Sebut Inggris Jerman Perancis Telah Menerapkan Standar Ganda atas Serangan Israel

Iran menyebut utusan tiga negara Eropa, Inggris, Jerman, dan Prancis karena 'standar ganda' atas serangan Israel.

Ketiga negara Eropa tersebut mengutuk serangan Iran terhadap Israel, namun tidak mengutuk serangan Israel sebelumnya terhadap konsulat Iran di Damaskus.

Kementerian Luar Negeri Iran mengumumkan pada tanggal 14 April bahwa mereka memanggil duta besar Inggris, Jerman, dan Perancis.

Menyusul apa yang mereka gambarkan sebagai "posisi tidak bertanggung jawab" dari negara-negara tersebut menyusul serangan balasan Iran terhadap Israel semalaman.

Direktur Eropa Barat di Kementerian Luar Negeri Iran secara terpisah memanggil Duta Besar Inggris Simon Shercliff, Duta Besar Jerman Hans-Udo Muzel, dan Duta Besar Prancis Nicolas Roche ke Kementerian Luar Negeri pada hari Minggu.

Tadi malam, tindakan angkatan bersenjata Republik Islam Iran terhadap pangkalan militer rezim Zionis berada di bawah Pasal 51 Piagam PBB dan sebagai tanggapan atas serangkaian kejahatan rezim Zionis, khususnya serangan baru-baru ini. di kedutaan Republik Islam Iran," kata direktur tersebut kepada utusan Eropa.

Serangan rudal dan drone Iran terhadap pangkalan militer Israel terjadi sebagai tanggapan atas pemboman Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus pada 1 April.

Serangan Israel menewaskan komandan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi dan enam orang lainnya di wilayah yang dianggap sebagai wilayah kedaulatan Iran berdasarkan hukum internasional.

Duta Besar Inggris, Jerman, dan Perancis semuanya mengutuk serangan Iran terhadap Israel namun menentang pernyataan Dewan Keamanan PBB yang disusun oleh Rusia awal bulan ini yang akan mengutuk serangan Israel terhadap konsulat Iran.

Mengutuk standar ganda ketiga negara Eropa tersebut, direktur tersebut mengatakan,

“Republik Islam Iran, sambil menegaskan kembali kepatuhannya terhadap prinsip dan tujuan Piagam PBB serta hukum internasional, bertekad untuk dengan tegas mempertahankan kedaulatannya, integritas wilayah, dan kepentingan nasional terhadap penggunaan kekuatan ilegal."

Menurut Kementerian Luar Negeri Iran, serangan rudal dan drone pada hari Sabtu terhadap Israel “dilakukan dalam kerangka hak membela diri, sesuai dengan Pasal 51 Piagam PBB, sebagai tanggapan atas serangan terhadap fasilitas Iran di wilayah tersebut termasuk serangan terhadap gedung departemen konsuler Kedutaan Besar Iran di Damaskus pada tanggal 1 April, yang dikutuk keras oleh negara kami.”

Selain serangan konsulat pada tanggal 1 April, Israel telah melakukan ratusan serangan udara di Suriah terhadap tentara Suriah dan kelompok bersenjata sekutu yang mendapat bantuan Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Suriah dan Iran telah berupaya mengusir pasukan AS yang secara ilegal menduduki wilayah timur laut Suriah dengan bantuan proksi Kurdi dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF).

(oln/khbrn/tc/*)

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek