Lokasi-lokasi Junta Myanmar Alami Kekalahan Lawan Milisi Pemberontak - CNN Indonesia

 

Lokasi-lokasi Junta Myanmar Alami Kekalahan Lawan Milisi Pemberontak

Minggu, 28 Apr 2024 14:45 WIB

Junta Myanmar keok di sejumlah titik usai diserang balik kelompok anti-junta. Foto: AFP/MANAN VATSYAYANA

Jakarta, CNN Indonesia 

--

Junta militer Myanmar baru-baru ini disebut mengalami kekalahan di berbagai tempat.

Kekalahan ini setelah pemberontak anti-junta Myanmar yang tergabung dalam beberapa sayap milisi menyerang berbagai wilayah strategis.

Serangan balik ini disebut membuat junta militer kerap kewalahan menghadapi gempuran yang berlangsung selama empat hari terakhir.

Lalu, di mana saja lokasi-lokasi junta Myanmar alami kekalahan?

Kawkareik Township, Karen

Melansir dari media independen Myanmar, The Irrawady, Pasukan Pertahan Rakyat (PDF) dan organisasi etnis bersenjata berhasil memukul mundur junta militer usai terlibat pertempuran sengit di sejumlah negara bagian.

Salah satu serangan Junta Myanmar alami kekalahan berada di Kawkareik Township, provinsi Karen. Ini terjadi ketika junta militer mengirim sejumlah pasukan untuk merebut kembali kota.

Namun, upaya tersebut terhenti karena gempuran milisi pemberontak Myanmar. Akibatnya, empat pasukan Junta gugur di tempat.

Kawlin, Sagaing

Pada hari yang sama, bentrokan juga terjadi di kota Kawlin, Sagain. PDF sayap Kawlin menyerang pasukan junta militer di dekat Desa Tanzue yang menewaskan delapan tentara.

Bentrokan tersebut menjadi yang terpanas. Karena, PDF tiba-tiba menyerang militer junta yang sedang melakukan patroli menggunakan drone dan howitzer.

Kendati demikian, perlawanan sengit tersebut dimenangkan kelompok milisi.

Desa Taw Pu

Pertempuran sengit juga terjadi di desa Taw Pu. Serangan dipimpin oleh Pasukan Serangan Chindwin pada Sabtu (20/4).

Pasukan itu menyerang militer junta menggunakan lebih dari 50 bom roket darurat hingga menyebabkan enam rusak. Sekitar 20 milisi pro-Junta juga dikabarkan terluka.

Ywangan Township

Pasukan Revolusi Joe Phyu sayap PDF Ywangan berhasil menyerang kantor polisi di desa Myin Kya Doe, Ywangan Township pada Sabtu (20/4).

Serangan tersebut menewaskan beberapa tentara junta. PDF juga menahan seorang anggota kepolisian hingga menyita dua senjata.

Kota Meyik

Hampir 50 tentara junta militer Myanmar dikabarkan menyerah ke kelompok etnis bersenjata di Taninthary, kota Meyik pada Selasa (23/4).

Kelompok yang tergabung dalam Pasukan Nasional Karen (KNU) mencegat 48 tentara pro-junta dalam perjalanan pulang menuju kamp mereka hingga membuat mereka menyerah.

KNU juga berhasil menyita hampir 70 senjata ringan dan berat milik militer junta.

Kekalahan di sejumlah wilayah Myanmar membuat junta kewalahan menghadapi pemberontak.

Meskipun sudah ada beberapa wilayah yang berhasil direbut junta militer, kelompok milisi pemberontak dikabarkan masih berkuasa di sebagian besar pelosok Myanmar.

(val/dna)

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek