Perbandingan Kekuatan Militer Koalisi AS dan Israel Lawan Iran, Siapa Terhebat? | Sindo news

 

Perbandingan Kekuatan Militer Koalisi AS dan Israel Lawan Iran, Siapa Terhebat? | Halaman Lengkap

Deretan rudal Iran disimpan di pangkalan rahasia di bawah tanah. Foto/ap

TEHERAN 

- Meningkatnya ketegangan antara Teheran dan Tel Aviv setelah serangan rudal Israel terhadap kompleks Kedutaan Besar Iran di Damaskus telah menghidupkan kembali kekhawatiran akan perang besar-besaran antara negara-negara Timur Tengah.

Namun militer negara mana yang lebih siap menghadapi perang besar-besaran itu?

Israel bersiap menghadapi pembalasan atas serangan mematikannya terhadap kompleks diplomatik Iran di ibu kota Suriah.

Para pejabat khawatir tanggapan Iran mungkin mencakup penggunaan “rudal balistik jarak jauh, rudal jelajah, atau drone.”

Para ahli telah memperingatkan respons langsung Iran mungkin merupakan hal yang diinginkan Israel, dan menunjukkan Teheran dapat mencapai hasil yang sama efektifnya dengan menggunakan cara-cara asimetris.

Meskipun kedua negara tidak berbagi perbatasan yang sama, masing-masing negara memiliki rudal, peralatan udara dan angkatan laut yang dapat menimbulkan kerugian serius jika ketegangan memanas. Berikut rincian kemampuannya masing-masing:

Pasukan

Pada awal tahun 2023, Institut Internasional untuk Studi Strategis memperkirakan kekuatan total Angkatan Pertahanan Israel berjumlah 169.500 tentara, ditambah 465.000 tentara cadangan (mayoritas di antaranya telah dipanggil setelah tanggal 7 Oktober).

Angkatan Darat Israel mencakup sekitar 126.000 tentara dan 400.000 cadangan. Angkatan Udara mempekerjakan 34.000 personel dan 55.000 cadangan. Angkatan Laut memiliki 9.500 personel dan 10.000 cadangan.

Angkatan Bersenjata Iran memiliki sekitar 420.000 tentara. Ini termasuk 350.000 prajurit di Angkatan Darat, 37.000 personel di Angkatan Udara, 18.000 di Angkatan Laut, dan 15.000 di pasukan Pertahanan Udara.

Republik Islam juga memiliki 230.000 pasukan elit Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), yakni 150.000 di Angkatan Darat, 40.000 paramiliter, 20.000 di Angkatan Laut IRGC, dan 15.000 di Angkatan Udara dan Pertahanan Udara IRGC.

Iran juga memiliki 350.000 personel cadangan terlatih yang dapat dipanggil jika terjadi krisis.

Anggaran

Pada tahun 2022, Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm menghitung anggaran pertahanan Israel sekitar USD23,4 miliar (termasuk USD3,18 miliar bantuan militer tahunan AS).

Iran memiliki anggaran pertahanan setara dengan sekitar USD6,8 miliar pada tahun yang sama. Republik Islam Iran mengganti anggarannya yang lebih kecil dengan biaya operasional dan pengadaan senjata yang lebih rendah, ditambah strategi yang berfokus pada solusi asimetris, seperti mengubah kapal tanker minyak tua menjadi kapal pangkalan terapung, dan penciptaan armada kapal perang yang besar dan berbiaya rendah untuk kapal-kapal pertahanan pesisir.

Senjata

Kedua negara memiliki industri pertahanan dalam negeri yang besar yang memungkinkan produksi segala sesuatu mulai dari senjata ringan dan tank hingga drone dan rudal.

Israel telah membangun sektor pertahanannya melalui kerja sama dengan AS. Adapun Iran yang telah terkena sanksi selama beberapa dekade, berupaya memproduksi sebanyak mungkin kebutuhan pertahanannya di dalam negeri.

Israel kemungkinan besar memiliki kartu truf yang penting: senjata nuklir. Meskipun Israel tidak membenarkan atau menyangkal kepemilikan senjata tersebut (dalam kebijakan yang dikenal sebagai “ambiguitas yang disengaja”), Israel diduga memiliki hingga 80 senjata nuklir yang dapat dikirimkan melalui udara dan rudal.

Iran, sebagai perbandingan, telah menolak senjata nuklir dan semua senjata pemusnah massal lainnya, dan lebih memilih persenjataan rudal konvensional yang luas.

sindopict-gi1vQnWxGzR

Namun Iran memiliki kartu truf yang berbeda yakni kemampuan menutup Selat Hormuz, yang pada dasarnya memberinya kekuatan untuk meruntuhkan perekonomian negara-negara Barat jika terjadi agresi.

Penutupan Selat Hormuz dapat membuat negara-negara Barat kelaparan hingga 30% dari seluruh pengiriman minyak mentah maritim.

Pengalaman Tempur

Berperang dalam belasan perang dan pemberontakan baik dengan negara-negara tetangga maupun dengan Palestina sejak tahun 1948 dan seterusnya, Israel sejauh ini merupakan negara dengan kekuatan militer paling tangguh di Timur Tengah.

Namun, konflik yang sedang berlangsung di Gaza telah menunjukkan kekuatan tempur bukanlah sesuatu yang diwariskan antar generasi.

Hal itu terbukti dari IDF mengalami banyak masalah dalam memerangi Hamas dan pejuang lainnya di Gaza, dengan laju operasi melawan 25.000-40.000 pasukan jauh lebih lambat dari yang diperkirakan.

Yang lebih memalukan, jumlah korban jiwa Israel merupakan yang terberat di antara konflik abad ke-21 yang melibatkan rezim kolonial Zionis hingga saat ini.

Iran juga memiliki pengalaman tempur yang cukup. Revolusi Islam tahun 1979 dipicu konflik brutal dengan Irak yang berlangsung hampir sepanjang tahun 1980-an, yang menewaskan 600.000 tentara Iran dan 500.000 tentara Irak serta lebih dari 100.000 warga sipil Iran.

Dalam beberapa dekade setelahnya, militer Iran memperoleh pengalaman tempur dalam berbagai konflik lainnya, mulai dari pemberontakan dalam negeri hingga bantuan penasihat IRGC yang diberikan kepada Hizbullah melawan Israel selama Perang Lebanon tahun 2006.

Iran juga berpengalaman saat menjadi penasihat untuk pemerintah Suriah dan Irak selama perang melawan sejumlah kelompok yang didukung asing pada tahun 2010-an.

Sekutu

Jika krisis antara Iran dan Israel memanas, sekutu kedua belah pihak kemungkinan besar tidak akan berdiam diri.

Sekutu dan sponsor utama Israel adalah Amerika Serikat yang memiliki lebih dari setengah lusin pangkalan militer besar yang mengelilingi Iran di Teluk Persia dan Arab, dan fasilitas tambahan di negara-negara termasuk Irak, Yordania, Suriah dan Turki.

Kehadiran AS di kawasan ini mencakup Armada Kelima yang perkasa, termasuk kelompok penyerang kapal induk, ekspedisi, logistik, penjinak ranjau, kapal selam, dan pasukan pengintai.

sindopict-9ym7GzRlQSI

AS telah menggunakan Armada Kelima secara ekstensif untuk perang agresi di Timur Tengah dan Afghanistan selama dua dekade terakhir.

Amerika Serikat dikenal sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Dengan total personel militer mencapai 2.260.000 pasukan, Amerika Serikat memiliki 1,4 juta pasukan aktif dan 860 ribu pasukan cadangan.

Angkatan Udara AS memiliki 13.264 aset, termasuk 2.085 pesawat tempur, 715 pesawat serbu, dan 967 helikopter serang.

Angkatan Laut AS memiliki 490 total aset, termasuk 20 kapal induk dan 90 kapal penghancur. Sedangkan Angkatan Darat AS memiliki 6.289 tank dan 39.253 kendaraan tempur lapis baja.

Iran, pada bagiannya, memiliki sejumlah sekutu negara dan non-negara di kawasan yang dikenal sebagai 'Poros Perlawanan', yang meliputi Suriah, milisi Pasukan Mobilisasi Populer Irak (yang secara resmi merupakan bagian dari pasukan keamanan Irak), Hizbullah yang kuat di Lebanon, dan, menurut beberapa laporan, Houthi di Yaman yang tangguh dalam pertempuran.

Republik Islam juga memiliki sejumlah aktor global yang kuat, seperti Rusia dan China yang bahkan jika mereka tidak mengambil bagian dalam permusuhan secara langsung, mereka mungkin akan melakukan yang terbaik di lembaga-lembaga seperti PBB, dan di tingkat regional dan bilateral.

Blok BRICS+ dan mitra Organisasi Kerja Sama Shanghai yang dikendalikan Rusia dan China akan mencoba menyelesaikan konflik sesegera mungkin, dan menghukum para agresor dengan menggunakan cara-cara ekonomi, diplomatik, dan lainnya.

Lihat Juga: Lima Warna Lipstik yang Bikin Suasana Jadi Lebih Ceria di Musim Hujan

(sya)

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek