PM Papua Nugini Tak Terima Pernyataan Joe Biden Warganya Disebut Kanibal - inews

 

PM Papua Nugini Tak Terima Pernyataan Joe Biden Warganya Disebut Kanibal

PM Papua Nugini Tak Terima Pernyataan Joe Biden Warganya Disebut KanibalJoe Biden membuat marah PM Papua Nugini James Marape soal kanibalisme (Foto: Reuters)

SYDNEY, iNews.id - Perdana Menteri Papua Nugini James Marape tak terima dengan pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden soal kanibalisme. Pekan lalu Biden mensinyalir pamannya menjadi korban kanibal setelah pesawat pengebom AS yang dipilotinya ditembak jatuh di Papua Nugini saat Perang Dunia II.

Marape menegaskan, negaranya tidak pantas disebut sebagai kanibal. Dia juga mendesak AS untuk membersihkan bangkai sisa-sisa Perang Dunia II yang mengotori Pasifik.

Baca Juga

Joe Biden Cerita Pamannya Mungkin Jadi Mangsa Kanibal di Pasifik saat Perang Dunia II

“Presiden Biden mungkin salah bicara, tapi negara saya tidak pantas diberi label seperti itu,” kata Marape, dikutip dari Reuters, Senin (22/4/2024).

"Saya mendesak Presiden Biden agar Gedung Putih mempertimbangkan pembersihan sisa-sisa Perang Dunia II sehingga kebenaran tentang hilangnya prajurit seperti Ambrose Finnegan bisa dikesampingkan," katanya lagi, merujuk pada nama paman Biden.

Baca Juga

Pejabat AS Kesal, Joe Biden Tetap Setia Buta ke Israel meski Terus Dilangkahi soal Iran

Papua Nugini dan Kepulauan Solomon masih dipenuhi kerangka manusia masa perang, bangkai pesawat dan kapal, terowongan, serta sisa bom yang terkadang aktif dan menewaskan banyak orang.

AS menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan dengan Papua Nugini tahun lalu di tengah meningkatnya persaingan dengan China untuk merebut pengaruh di Pasifik. Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi bertemu dengan Marape di Port Moresby pada Minggu kemarin untuk mempererat hubungan ekonomi.

Baca Juga

Perang Suku di Papua Nugini, 53 Orang Tewas

Biden mengungkapkan kisah pamannya, prajurit Angkatan Udara AS, yang tewas dalam misi di Papua Nugini pada Mei 1944, usai meresmikan monumen prajurit yang hilang di Pannsylvania. Dia mengatakan Finnegan kemungkinan menjadi korban kanibal dan mayatnya tak pernah ditemukan sampai saat ini.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News


Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek