Mengapa Hanya Suriah yang Menjadi Sekutu Iran di Timur Tengah? | Sindonews

 

Mengapa Hanya Suriah yang Menjadi Sekutu Iran di Timur Tengah? | Halaman Lengkap

Suriah menjadi satu-satunya negara yang menjadi sekutu Iran di Timur Tengah. Foto/AP

DAMASKUS 

- Timur Tengah merupakan tempat bagi banyak aliansi yang tidak biasa, namun salah satu yang paling aneh adalah kemitraan abadi antara

Suriah 

dan Iran. Suriah menggambarkan dirinya sebagai pendukung nasionalisme Arab sekuler, meskipun dalam praktiknya negara ini merupakan negara diktator militer yang didominasi minoritas.

Sebaliknya, Iran berada di bawah bendera Islam revolusioner, meskipun sebagai negara Persia, negara ini sering berselisih dengan dunia Arab, terutama karena sebagian besar penduduk Iran adalah Syiah, sementara sebagian besar penduduk Arab adalah Sunni.


1. Memiliki Ikatan Sejarah yang Kuat

Mengapa Hanya Suriah yang Menjadi Sekutu Iran di Timur Tengah?

Foto/AP

Ayah Presiden Suriah Bashar Assad dan pendahulunya, Hafez Assad, menembak mati ribuan kelompok Islam revolusioner pada tahun 1970an dan awal tahun 80an untuk mencegah revolusi Islam di Suriah.

"Elite agama Iran sering mengkritik para pemimpin Arab sebagai pemimpin zalim yang telah berpaling dari Islam yang sebenarnya—sebuah gambaran yang bisa dengan mudah diterapkan pada rezim Assad di Suriah," kata Daniel L. Byman, peneliti lembaga riset Brookings.


2. Memiliki Musuh yang Sama

Mengapa Hanya Suriah yang Menjadi Sekutu Iran di Timur Tengah?

Foto/AP

Namun geopolitik telah menyatukan Iran dan Suriah meskipun terdapat banyak perbedaan. Dalam kemitraan strategis yang akan membuat Metternich bangga, kedua negara bersatu melawan Irak di bawah pemerintahan Saddam, yang keduanya dilihat sebagai ancaman langsung terhadap keamanan mereka.

Israel juga merupakan musuh bersama. Ideologi revolusioner Iran memandang Israel sebagai kutukan; Suriah juga menentang negara Yahudi, terutama setelah kekalahan memalukan mereka dalam perang tahun 1967, sejak Suriah berusaha merebut kembali Dataran Tinggi Golan.

Amerika Serikat memusuhi kedua rezim tersebut, sehingga menciptakan insentif lebih lanjut untuk bekerja sama. Kedua negara khawatir bahwa kekacauan di Irak akan menyebar ke seluruh perbatasan mereka, namun mereka juga ingin Amerika Serikat menderita kerugian besar demi meredam antusiasme mereka terhadap perubahan rezim. Terakhir, kedua negara hanya mempunyai sedikit sekutu, sehingga dukungan satu sama lain sangat berharga.

Baca Juga

Deretan Kelompok Bersenjata yang Berperang dengan Junta Myanmar


3. Sama-sama Penganut Syiah

Mengapa Hanya Suriah yang Menjadi Sekutu Iran di Timur Tengah?

Foto/AP

Iran memberikan legitimasi yang aneh bagi rezim Baath di Damaskus. Suriah didominasi oleh kelompok Alawi, sebuah sekte minoritas Islam yang bahkan lebih dibenci dan bahkan kurang diterima oleh kelompok Sunni militan dibandingkan kelompok Syiah.

"Beberapa pemimpin Syiah telah mendukung rezim Damaskus dengan mengklaim bahwa kaum Alawi hanyalah bagian dari keluarga besar Syiah—sebuah klaim yang tidak banyak menenangkan kaum Sunni yang sangat chauvinistik namun menarik bagi mereka yang memiliki pandangan lebih luas terhadap Islam," ungkap Byman.


4. Memiliki Kepentingan yang Sama

Mengapa Hanya Suriah yang Menjadi Sekutu Iran di Timur Tengah?

Foto/AP

Berbagai kepentingan bersama ini telah bersatu di Lebanon. Awalnya, Suriah mewaspadai Islam revolusioner. Namun, setelah Israel menginvasi Lebanon pada tahun 1982, Damaskus menyambut baik bantuan Iran. Para pejabat Iran membina Hizbullah, membantu menyatukan berbagai faksi Syiah dan memberikan pelatihan, uang, dan dukungan ideologis kepada gerakan tersebut.

"Suriah juga mendukung gerakan baru ini, dan dengan bantuan mereka, Hizbullah menjadi ujung pedang melawan penjajah Israel. Pada tahun 1985, serangan Hizbullah menyebabkan Israel menarik diri dari seluruh wilayah kecuali sebagian wilayah Lebanon. Lima belas tahun kemudian, Israel keluar sepenuhnya," ujar Byman.

Selama masa ini, Iran menggunakan Hizbullah untuk tetap terlibat dalam perjuangan Israel-Arab. Bagi Teheran, menjadi pemain dalam permainan ini sangat penting untuk mempertahankan citra dirinya sebagai pembela umat Islam di dunia. Iran ingin melemahkan proses perdamaian dengan mendukung terorisme—Teheran menentang perdamaian atas dasar ideologis dan juga percaya bahwa perdamaian Israel-Arab yang komprehensif akan semakin mengisolasi rezim ulama tersebut.


5. Hizbullah Jadi Penentua

Mengapa Hanya Suriah yang Menjadi Sekutu Iran di Timur Tengah?

Foto/AP

Hizbullah menjadi proxy utama, melakukan serangan dan melatih kelompok-kelompok Palestina agar lebih efektif. Teheran juga bekerja dengan agen Hizbullah di seluruh dunia untuk menyerang para pembangkang, pendukung Irak selama perang Iran-Irak tahun 1980an, dan sasaran-sasaran Israel. Bahkan saat ini, Teheran dan Hizbullah bekerja sama untuk mempertahankan kemampuan pencegahan untuk mencegah Amerika Serikat menyerang sasaran di Iran. Jadi, misalnya, jika Amerika Serikat melakukan serangan besar-besaran terhadap Iran, Hizbullah mungkin akan membalasnya dengan menyerang sasaran-sasaran AS di luar negeri atas nama Teheran.

Tujuan Suriah lebih bersifat lokal. Seperti Iran, Suriah ingin Hizbullah memberikan ancaman kepada Israel sehingga Damaskus dapat melakukan kalibrasi sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini menjadi bujukan bagi Israel untuk menyetujui tuntutan Suriah di meja perundingan. Seperti yang dikatakan oleh pakar Timur Tengah, Michael Doran, “Suriah telah memainkan peran sebagai pelaku pembakaran dan pemadam kebakaran.” Peran ganda ini memberikan hasil yang beragam. Meskipun serangan yang terus menerus berkontribusi pada keputusan Israel untuk bernegosiasi dengan Suriah pada tahun 1990an, serangan tersebut juga menyebabkan permusuhan abadi Israel terhadap Damaskus, yang pada gilirannya menghancurkan harapan perdamaian.

"Namun, memisahkan Damaskus dan Teheran dengan cara yang lebih mendasar akan sangat sulit. Suriah dan Iran terus berbagi keprihatinan strategis mengenai Israel, Irak, dan Amerika Serikat. Terlebih lagi, Washington memiliki pengaruh yang kecil terhadap kedua rezim tersebut. Kedua negara telah terbukti tangguh melawan musuh dalam negeri, dan Amerika Serikat memiliki kekuatan militer dan diplomasi yang kuat di Irak dan negara-negara lain. Persahabatan antara Iran dan Suriah tidak sama dengan hubungan Amerika Serikat dengan sekutu dekat seperti Inggris, namun kepentingan bersama mereka lebih dari cukup untuk menjaga persahabatan dan persahabatan yang aneh ini," papar Byman.

Lihat Juga: Iran Klaim Pertahanan Udara Israel Dibantu 10 Negara, tapi Bisa Ditembus Rudal, IRGC Ungkap Rahasianya?

(ahm)

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek