Pondok Gontor Rayakan Idul Adha Minggu 16 Juni 2024, Ikut Pelaksanaan Haji di Makkah - Viva

  

Pondok Gontor Rayakan Idul Adha Minggu 16 Juni 2024, Ikut Pelaksanaan Haji di Makkah

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:28 WIB

VIVA – Pondok Modern Darussalam Gontor atau Pondok Pesantren Gontor menetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1445 Hijriah jatuh pada Minggu, 14 Juni 2024. Dengan demikian, Gontor melaksanakan puasa Arafah 9 Zulhijah pada Sabtu, 15 Juni 2024.

"Di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) puasa Arafah akan dilaksanakan bertepatan dengan 15 Juni 2024, dan salat Idul Adha akan dilaksanakan bertepatan dengan 16 Juni 2024," kata Humas Pondok Modern Gontor, Riza Ashari dalam keterangan persnya, dikutip Sabtu. 

Penetapan Hari Raya Idul Adha di Gontor berbeda dengan keputusan pemerintah yang menetapkan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah jatuh pada 17 Juni 2024. Pun dengan ormas Islam besar lainnya, seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah yang juga sesuai dengan pengumuman pemerintah. 

Riza menerangkan bahwa keputusan ini berdasarkan maklumat pimpinan Pondok Modern Gontor.

"Hal ini sebagaimana ijtihad dan keputusan Pimpinan PMDG dalam penetapan waktu puasa Arafah dan Hari Raya Idul Adha yang mengikuti penetapan waktu pelaksanaan ibadah haji di Makkah," ujarnya

Gontor sendiri menjadikan hari raya kurban sebagai momentum untuk melatih berkurban, baik secara materi maupun spritual. Karena sejatinya yang diuji oleh Allah dalam ibadah kurban adalah kebersihan hati, ketaqwaan dan kepatuhan seorang Muslim pada Allah.

"Di Gontor, momen Hari Raya Kurban benar-benar kita manfaatkan untuk mendidik untuk siap berkorban di kalangan santri. Bukan hanya mengorbankan harta, namun juga mengorbankan waktu, tenaga, pikiran untuk kemajuan umat Islam dan bangsa Indonesia. Hal ini sesuai dengan ajaran nilai Gontor, berkurban tapi jangan jadi korban; berjuanglah dengan bondo, bahu, dan pikir," ungkap Reza

"Termasuk juga kita melatih santri untuk mengorbankan ego, kepentingan, dan fanatisme kesukuan, golongan, atau apapun yang dapat memecah belah persatuan umat Islam dan bangsa Indonesia," lanjutnya.

Dalam rentetan Idul Adha di Gontor, PMDG setiap tahunnya mengelola dan menyalurkan hingga ratusan hewan kurban. Dalam pelaksanaannya, panitia kurban di Gontor terdiri dari santri dan Guru Gontor yang telah dilatih untuk mengelola hewan dan daging kurban secara efektif dan efisien.

KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya

Keutamaan Luar Biasa 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Umat Islam di seluruh penjuru dunia kini tengah menyambut datangnya bulan Dzulhijjah, bulan yang dikatakan penuh berkah dan kemuliaan. Apa saja keutamaannya?

img_title

VIVA.co.id

15 Juni 2024

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek