KAI Daop 7 Pastikan Jalur Kereta dari Stasiun Madiun Hingga Ngawi Aman - Jurnal Jatim

 

KAI Daop 7 Pastikan Jalur Kereta dari Stasiun Madiun Hingga Ngawi Aman

Madiun, Jurnal Jatim – PT KAI Daop  memastikan sepanjang jalur kereta api dari Stasiun Madiun hingga Stasiun Walikukun  aman dilintasi.

KAI memastikan itu berdasarkan dari hasil inspeksi intensif di sepanjang jalur tersebut pada Kamis (22/8/2024).

Inspeksi dipimpin langsung Kepala , Suharjono dihadiri berbagai unit operasional serta pelayanan terkait.

Inspeksi memang  dilakukan KAI dalam upaya memastikan keselamatan dan kelancaran operasional kereta api.

Berbagai aspek penting dalam operasional kereta api, termasuk kondisi fasilitas pendukung, kesiapan , dan kesiapan sumber daya manusia (SDM) dalam menjaga keamanan perjalanan kereta api dilakukan pemeriksaan.

“Kegiatan ini menjadi lebih krusial mengingat kondisi cuaca yang sangat panas saat ini, yang dapat mempengaruhi  fasilitas operasi dan konsentrasi petugas di lapangan,” kata Suharjono, dalam keterangan tertulis, Kamis (22/8/2024).

Menurutnya, enam stasiun menjadi fokus utama dalam pemeriksaan tersebut, yaitu Stasiun Madiun, , Geneng, Ngawi, Kedunggalar, dan Walikukun Ngawi.

Pemeriksaan meliputi kelengkapan administrasi, kondisi fasilitas stasiun, kemampuan petugas dalam menangani situasi darurat, serta prasarana pendukung seperti jalur, jembatan, dan wesel. Inspeksi ini juga mencakup identifikasi potensi bahaya di sepanjang jalur kereta api.

“Inspeksi kami lakukan untuk meminimalisir segala bentuk risiko yang dapat mengganggu operasional kereta api, sehingga perjalanan tetap aman dan tepat waktu,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa hasil inspeksi menunjukkan keseluruhan jalur dari Stasiun Madiun hingga Stasiun Walikukun berada dalam kondisi aman.

Evaluasi dilakukan pada berbagai aspek, termasuk kondisi rel, keamanan  sekitar dari potensi gangguan, serta kemungkinan munculnya  sebidang yang tidak terpantau.

Selain itu, potensi gangguan keamanan dan ketertiban akibat aktivitas masyarakat di sekitar jalur juga menjadi perhatian.

Lebih lanjut Suharjono menyampaikan  komitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada para pengguna kereta api, dengan memastikan setiap perjalanan berjalan dengan aman, nyaman, dan tepat waktu.

“Saat ini, seluruh prasarana dan fasilitas pendukung perjalanan kereta api berada dalam kondisi yang baik. Kemampuan SDM dalam merespon situasi darurat juga sudah sangat mumpuni. Namun, kami tetap waspada terhadap kemungkinan temuan terkait fasilitas pelayanan yang memerlukan perhatian khusus dan perbaikan segera,” ujar Suharjono.

Dapatkan update  menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.

Baca Juga

Komentar