Bank Sentral Jepang Tahan Suku Bunga, Waspadai Gejolak Pasar Keuangan - IDXCHANNEL

 

Bank Sentral Jepang Tahan Suku Bunga, Waspadai Gejolak Pasar Keuangan

Bank of Japan BOJ) mempertahankan suku bunga acuannya pada Jumat (20/9/2024).

Bank Sentral Jepang Tahan Suku Bunga, Waspadai Gejolak Pasar Keuangan. (Foto: MNC Media)

Bank Sentral Jepang Tahan Suku Bunga, Waspadai Gejolak Pasar Keuangan. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Bank of Japan BOJ) mempertahankan suku bunga acuannya pada Jumat (20/9/2024). Bank sentral bersikap lebih hati-hati setelah kenaikan yang tiba-tiba pada Juli lalu memicu gejolak pasar keuangan.

BOJ mempertahankan suku bunga acuannya di 0,25 persen, sesuai ekspektasi 53 ekonom yang disurvei Bloomberg. 

Dalam pernyataannya, BOJ menaikkan prospek belanja konsumen yang merupakan mesin utama pertumbuhan ekonomi. Bank sentral juga berkomitmen untuk terus memantau situasi pasar keuangan.

Selain itu, BOJ juga menegaskan kembali bahwa pihaknya melihat inflasi ada dalam jalur yang ditargetkan, sebuah indikasi bahwa bank sentral tetap berpeluang menaikkan suku bunga acuan di masa depan.

Setelah pengumuman keputusan BOJ, yen Jepang sempat berfluktuasi sebelum akhirnya menguat  terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Kenaikan suku bunga acuan yang tiba-tiba pada akhir Juli memicu gejolak pasar keuangan di awal Agustus.. Bukan hanya Jepang, dampaknya juga terasa di negara lainnya.

Rapat kebijakan BOJ dimulai beberapa jam setelah Federal Reserve (The Fws) AS melakukan perubahan kebijakan yang telah lama ditunggu-tunggu dengan pemotongan suku bunga yang sangat besar. Dengan demikian, The Fed bergabung dengan  Bank of England (BOE) dan Bank Sentral Eropa (ECB) dalam meluncurkan siklus pelonggaran, menggarisbawahi status BOJ sebagai satu-satunya bank sentral utama yang bergerak naik. (Wahyu Dwi Anggoro)

Baca Juga

Komentar