Beda dengan Jokowi, Gibran Rakabuming Bakal Gelar Open House Saat Lebaran dan Tak Batasi Pengunjung - Liputan 6

 

Beda dengan Jokowi, Gibran Rakabuming Bakal Gelar Open House Saat Lebaran dan Tak Batasi Pengunjung

Oleh Henry pada 15 Apr 2023, 07:00 WIB
Diperbarui 15 Apr 2023, 07:00 WIB
Gibran Rakabuming Raka Bakal Calon Wali Kota Solo
Gibran Rakabuming Raka usai menghadiri pertemuan dengan para PKL Sunday Morning Stadion Manahan Solo, Rabu (5/2).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Jakarta - Seiring meredanya pandemi Covid-19, di hari raya Idul Fitri 1444 H atau Lebaran di tahun ini tradisi open house sepertinya bakal semakin marak. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bahkan sudah mengungkapkan akan menggelar open house di rumah dinasnya di Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi.

Sebelum open house Gibran bakal melaksanakan Salat Idul Fitri di Masjid Baitul Hikmah di kompleks Balai Kota Solo. "Iya wis, Mas Herwin sudah tak panggil, besok open house jam 9 ya habis salat Ied. Silakan, diperbolehkan kok," ujar Gibran Rakabuming di Balai Kota Solo, Jumat, 14 April 2023, mengutip laman merdeka.com.

"Di Loji Gandrung. Nanti salat Id dulu di sini, terus geser ke Loji. Silakan open house," sambung Gibran. Gibran juga mempersilakan warga Solo untuk hadir pada open house yang pertama kali digelar olehnya selama menjabat sebagai Wali Kota Solo.

"Sopo wae oleh. Sampe maemane ntek. (Siapa saja boleh datang, sampai makanannya habis)," katanya lagi. Usai open house Gibran mengaku ingin beristirahat bersama keluarga. "Leren, ojo ngganggu aku (istirahat, jangan ganggu saya)," ucapnya.

Saat disinggung ke mana Jan Ethes berlibur, Gibran enggan menyampaikan. "Rahasia, jangan diganggu. Liburannya enggak panjang soalnya," ungkap suami dari Selvi Ananda ini. Gibran juga mengaku kurang setuju dengan masa liburan saat ini, karena banyak hari libur sebelum hari raya.

Dia mengatakan, tidak ada imbauan apapun saat perayaan Lebaran tahun ini. Begitu juga terkait kegiatan open house. "Namanya open house ya datang saja. Silakan menikmati hidangan yang ada," ujar Gibran.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

Jokowi Tak Gelar Open House

Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan bantuan sembako hingga hampers untuk masyarakat di Jalan Otista, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat (14/4/2023).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan bantuan sembako hingga hampers untuk masyarakat di Jalan Otista, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat (14/4/2023). (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

Ayah dua anak ini tidak akan membatasi masyarakat yang akan datang ke Loji Gandrung. Namun, dia lebih berharap hanya warga Solo atau para pemudik di Kota Solo yang hadir."Yo kalau bisa yang Solo saja. Atau yang mudik ke Solo. Nanti opornya cepat habis. Jam 10 selesai kan enggak lucu," katanya.

Gibran juga berjanji akan berbagi THR, jika ada rezeki. Keputusan tersebut berbeda dengan ayahnya, Presiden Jokowi (Joko Widodo) yang sebelumnya menyatakan tak menggelar open house Lebaran pada perayaan Hari Raya Idul Fitri mendatang. Meski begitu, Jokowi tak melarang bila ada pejabat atau masyarakat yang ingin melakukan tradisi open house saat Lebaran nanti.

"Ini kita kan sudah 3 tahun tidak buka puasa bersama, tidak open house, saya beri keleluasaan untuk semuanya bisa berjumpa dengan keluarga besarnya, bisa berjumpa dengan sahabat-sahabatnya tetangga-tetangganya," kata Jokowi di Depok, Jawa Barat, Kamis, 13 April 2023.

Selain bersiap menyambut Lebaran, Gibran Rakabuming juga disibukkan dengan kegiatannya di Persis Solo. Klub andalan Kota Solo itu bakal menggelar laga uji coba pra musim melawan tim luar negeri, sesuai dengan janji Gibran. Bisa jadi lawan yang diundang adalah klub asal Inggris, Manchester City di Stadion Manahan, Solo.

Gibran Renovasi Stadion Manahan

Gibran Rakabuming kenakan Jersey Persis
Gibran Rakabuming kenakan Jersey Persis

Setelah direnovasi, Stadion Manahan pun kini bisa dibilang sudah siap untuk menggelar acara bertaraf internasional. Secara keseluruhan, kesiapan dari segi fasilitas dan infrastruktur, kualitas Stadion Manahan sudah memenuhi syarat dan spesifikasi yang telah ditetapkan dalam ketentuan FIFA.

Menurut Gibran Rakabuming, rampungnya proses renovasi ini membuat Stadion Manahan siap menyambut era yang penuh dengan berbagai gebrakan baru. Persiapan yang sebelumnya dilakukan untuk menyambut gelaran Piala Dunia U-20 2023 memang menjadi momentum tersendiri bagi stadion berkapasitas 20 ribu penonton ini untuk bersolek.

"Stadion Manahan sebagai istana kedua sepak bola Indonesia siap menyambut era yang penuh catatan historis," kata Gibran melalui akun Instagramnya, Selasa, 11 April 2023.

"Kendati gagal menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 2023, Stadion Manahan akan terus bersolek demi menyambut berbagai event olahraga pengganti yang bertaraf internasional," tambahnya. Sebelumnya, Persis Solo memang sudah sempat menyampaikan rencananya mengundang klub luar negeri untuk bertanding melawan Laskar Sambernyawa pada agenda pramusim.

Gibran Ingin Datangkan Manchester City?

Foto: Tour de Stadium Erick Thohir ke Stadion Manahan, Layak Jadi Venue Final dan Penutupan Piala Dunia U-20 2023
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyerahkan souvenir Piala Dunia U-20 2023 kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat mengunjungi Stadion Manahan, Solo, Minggu (12/3/2023). (Bola.com/Radifa Arsa)

"Bulan Juni nanti. Bukan Piala Wali Kota karena sudah ada agenda sendiri. Ini tim internasional, yang sudah konfirmasi baru dua tim dari Asia dan Eropa," jelas Gibran.

Salah satu klub besar yang berpotensi diundang untuk menghadapi Persis Solo di Stadion Manahan ialah klub raksasa Liga Primer Inggris, Manchester City. Pasalnya, Direktur Utama Persis Solo, Kaesang Pangarep, sempat berjumpa dengan pemilik klub Manchester City, Sheikh Mansour, pada medio pertengahan November 2022.

Pertemuan itu terjadi ketika Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohamed Bin Zayed Al Nahyan di kediamannya, Kampung Sumber, Solo. Dalam kesempatan itu, tampak pula Gibran dan Bobby Nasution. Mereka terlihat duduk bersama dalam satu meja bersama Sheikh Mansour yang berstatus sebagai pemilik Man City

Seperti klub-klub Eropa lainnya, Manchester City akan menjalani masa istirahat untuk menyambut musim 2023/2024 yang biasanya baru berlangsung pada bulan Agustus. Sebelum menjalani musim baru, mereka akan menjalani latihan dan pertandingan pra musim.

Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran
Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran. (Liputan6.com/Abdillah)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek