Parlemen Turki Setuju Finlandia Masuk NATO, Swedia Harus Menunggu - detik

 

Parlemen Turki Setuju Finlandia Masuk NATO, Swedia Harus Menunggu

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 31 Mar 2023 13:34 WIB
Turkish lawmakers vote in favor of Finlands bid to join NATO, late Thursday, March 30, 2023, at the parliament in Ankara, Turkey. All 276 lawmakers present voted unanimously in favor of Finlands bid, days after Hungarys parliament also endorsed Helsinkis accession.(AP Photo/Burhan Ozbilici)
Parlemen Turki menyetujui bergabungnya Finlandia dengan NATO (AP Photo/Burhan Ozbilici)
Ankara -

Parlemen Turki menyetujui rancangan undang-undang (RUU) yang memungkinkan Finlandia untuk bergabung aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Disetujuinya RUU ini semakin membuka jalan bagi Finlandia untuk menjadi anggota ke-31 dari aliansi Barat itu saat perang terus berkecamuk di Ukraina.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (31/3/2023), parlemen Turki menjadi yang terakhir dari 30 negara anggota NATO yang meratifikasi keanggotaan Finlandia, setelah dewan legislatif Hungaria menyetujui RUU serupa pada awal pekan ini.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada awal Maret bahwa Finlandia mendapatkan restu Turki setelah mengambil langkah konkret untuk menepati janjinya menindak tegas kelompok-kelompok yang dianggap oleh Ankara sebagai teroris dan membebaskan ekspor pertahanan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sisi lain, persetujuan parlemen Turki untuk Finlandia ini berarti Swedia masih harus menunggu lebih lama sebelum mendapatkan restu yang sama.

Tahun lalu, Finlandia dan Swedia mengajukan untuk bergabung NATO merespons invasi militer Rusia ke Ukraina. Namun prosesnya dihambat oleh Turki dan Hungaria, mengingat semua negara anggota NATO harus memberikan persetujuan terhadap setiap anggota baru yang bergabung.

Persetujuan diberikan melalui parlemen masing-masing negara NATO yang meratifikasi negara baru yang bergabung dalam aliansi itu.

Sambutan baik diberikan pemerintah Finlandia usai parlemen Turki memberikan persetujuannya. "Keanggotaan NATO akan memperkuat keamanan dan meningkatkan stabilitas dan keamanan di kawasan Laut Baltik dan Eropa Utara," demikian pernyataan pemerintah Finlandia.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Kala Erdogan Mengecam Finlandia dan Swedia yang Masuk NATO':

Presiden Sauli Niinisto, seperti dilansir CNN, juga menyambut baik kabar itu dalam komentar berbunyi: "Finlandia sekarang siap untuk bergabung NATO."

Niinisto juga mengharapkan Swedia akan segera menyusul negaranya.

Turki masih menunda persetujuan untuk Swedia bergabung dengan NATO, karena negara tetangga Finlandia itu dianggap belum sepenuhnya dalam menindak orang-orang yang dianggap oleh Ankara sebagai teroris. Ketiga negara -- Turki, Finlandia dan Swedia -- menandatangani pakta soal isu itu tahun lalu.

Otoritas Turki telah berulang kali mengatakan bahwa Swedia perlu mengambil langkah-langkah tambahan terhadap para pendukung militan Kurdi dan anggota jaringan yang dianggap, oleh Ankara, bertanggung jawab atas upaya kudeta tahun 2016 lalu. Turki menetapkan kedua kelompok sebagai organisasi teroris.

Pembicaraan antara Turki dan Swedia hanya menghasilkan sedikit kemajuan, terutama setelah terjadi beberapa perselisihan soal unjuk rasa di jalanan oleh kelompok pro-Kurdi di Stockholm.




(nvc/ita)

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek