Swedia Janji Tak Akan Jadi Tempat Penyebaran Senjata Nuklir jika Gabung NATO - inews

 

Swedia Janji Tak Akan Jadi Tempat Penyebaran Senjata Nuklir jika Gabung NATO

Ahmad Islamy Jamil 
Swedia Janji Tak Akan Jadi Tempat Penyebaran Senjata Nuklir jika Gabung NATO
Bendera NATO (ilustrasi). (Foto: Reuters)

STOCKHOLM, iNews.id – Menteri Luar Negeri Swedia, Tobias Billstrom, berjanji negaranya tidak akan menjadi tempat penyebaran senjata nuklir setelah bergabung dengan NATO. Sikap serupa juga diambil oleh negara-negara Skandinavia lainnya yang sudah lebih dulu bergabung dengan aliansi militer tersebut.

“Tidak, tidak akan (Swedia jadi tempat penampungan senjata nuklir),” kata Billstrom kepada surat kabar Swedia, Dagens Nyheter, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga

Menurut dia, Pemerintah Swedia akan mengikuti langkah negara-negara Nordik lainnya yakni Norwegia dan Denmark. Kedua anggota NATO itu juga tidak menjadi tuan rumah bagi senjata nuklir dari kekuatan ketiga mana pun.

Pada 11 Februari, Menteri Pertahanan Swedia Pal Jonson mengatakan, Stockholm akan menjalankan kebijakan yang ditujukan untuk integrasi militer yang lebih dalam dengan NATO. Saat ini, proposal Swedia untuk bergabung dengan pakta pertahanan itu masih terganjal persetujuan dari Hungaria dan Turki.

Baca Juga

Selain Budapest dan Ankara, semua sekutu NATO telah menyetujui dan meratifikasi penerimaan Swedia dan Finlandia ke dalam blok militer tersebut. Turki menuduh Stockholm dan Helsinki mendukung teroris, mengacu pada para pendukung Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang dianggap Ankara sebagai organisasi teroris. 

Setelah insiden pembakaran Alquran yang kontroversial di Swedia awal tahun ini, Turki bertanya kepada para sekutu NATO lainnya apakah lamaran Finlandia dapat disetujui secara terpisah.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek