Unik, Warga Cirebon Bawa Ogoh-ogoh Rayakan Malam Takbiran By BeritaSatu

 

Unik, Warga Cirebon Bawa Ogoh-ogoh Rayakan Malam Takbiran

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 21, 2023
Warga bawa Ogoh-ogoh saat menggelar takbir keliling di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat, 21 April 2023.
Warga bawa Ogoh-ogoh saat menggelar takbir keliling di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat, 21 April 2023.

Cirebon, Beritasatu.com - Berbagai cara dilakukan untuk menyambut datangnya Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah. Seperti di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Ratusan warga menggelar takbir keliling, Jumat (21/4/2023).

Takbir keliling ini dilakukan mengelilingi jalan desa yang ada di Cirebon, hingga ke jalur Arteri. Tidak hanya obor yang mereka bawa, ada juga yang membawa replika ogoh-ogoh (kesenian patung) raksasa dalam takbir keliling tersebut.

Tujuan dari takbir keliling itu, selain untuk menyambut datangnya Hari Raya Idulfitri, juga untuk mempererat silaturahmi antar warga Desa.

Junaedi, salah satu warga mengatakan, takbir keliling ini untuk menyambut Hari Raya Idulfitri 1444 H.

"Kita mengadakan takbir ini untuk memeriahkan kemenangan Idulfitri 1444 H, sekarang ini kita pawai obor, ada juga ogoh-ogoh sebanyak 20 buah," ungkapnya.

Lanjut Junaedi, untuk ogoh-ogoh yang dibawa oleh warga hanya kreativitas dari masing-masing untuk memeriahkan takbir keliling ini.

"Kita disini mayoritas masyarakatnya nelayan jadi mereka menampilkan ciri khasnya sendiri," lanjutnya.

Untuk rutenya, kata Junaedi, ratusan warga itu mengelilingi jalan Desa hingga Jalan Arteri di Cirebon.

"Rutenya sendiri keliling kampung, ke jalan raya, terus ke kampung lagi dan berakhir di masjid," katanya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Baca Juga

Komentar