Balapan Formula E di Ancol Jakarta Hanya untuk Orang Kaya, Pengamat: Jakpro Tidak Transparan - Wartakota

 

Balapan Formula E di Ancol Jakarta Hanya untuk Orang Kaya, Pengamat: Jakpro Tidak Transparan

By Suprapto
wartakota.tribunnews.com

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Miftahul Munir

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro) bakal menggelar kembali ajang balapan Formula E di sirkuit AncolTanjung Priok, Jakarta Utara pada Juni 2023.

Namun, ajang balapan ini menimbulkan reaksi pengamat kebijakan publik Universitas TrisaktiTrubus Rahardiansyah.

Menurutnya, Jakpro ingin mencari keuntungan dari ajang Formula E apalagi diadakan setiap tahun.

"Kalau misalnya sebagai tahap pengenalan Formula E di Indonesia mungkin iya, tapi dalam praktiknya berbeda," ujarnya kepada Wartakotalive.com

Trubus mengaku, Jakpro hanya ingin melakukan pemborosan anggaran dan tidak menutup kemungkinan bakal ada dugaan korupsi di dalam kegiatan tersebut.

Event tahunan itu juga lebih banyak dinikmati oleh orang kaya.

Ia menilai, manfaat ajang Formula E hanya bisa dirasakan oleh masyarakat kalangan menengah ke atas bukan rakyat biasa yang tak punya uang.

"Dugaan itu bisa saja terjadi (Korupsi). Idealnya kan berikan kesejahteraan masyarakat Jakarta, ini kan belum masih jauh dari harapan," terangnya.

Trubus menambahkan, Jakpro juga tidak transparansi terkait dengan penggunaan anggaran Formula E.

Hal ini pun membuat masyarakat menjadi curiga karena publik ingin melihat data yang transparan, akuntabel dan lainnya.

"Makanya ajang ini harus diubah untuk kalangan menengah ke bawah," ujarnya.

Panitia Janjikan Event Formula E 2023 Lebih Baik

Persiapan turnamen Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta Utara semakin matang.

PT Jakarta Propertindo dan Panitia Pelaksana Jakarta E-prix 2023 terus berkoordinasi menyiapkan turnamen yang akan digelar pada 3-4 Juni mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana Jakarta E-Prix 2023 Ananda Mikola, menyatakan kesiapan JIEC untuk ajang balap mobil listrik ini.

Ananda memastikan Jakarta E-Prix 2023 akan lebih baik dibanding dengan tahun lalu.

“Kini persiapan ajang balap mobil listrik Jakarta E-Prix 2023 sudah mencapai 50 persen dan terus melakukan perbaikan berdasarkan masukan yang ada pada tahun lalu,” kata Ananda, Minggu (9/4/2023).

Menurutnya, Jakarta E-Prix 2023 akan menggunakan mobil jenis Gen III yang memiliki kecepatan lebih kencang, dan mampu menghasilkan tenaga 350 Kw.

Kelebihan mobil Gen III ini bisa meminimalisir tingkat kecelakaan walaupun memiliki power yang cukup besar dibanding mobil sebelumnya.

“Fitur keamanan Gen III juga jauh lebih baik, khususnya daya cengkram ban saat mobil dipacu dengan kekuatan maksimal,” ujar Ananda.

Guna menarik minat masyarakat yang ingin menyaksikan turnamen itu, pihak Jakpro menyiapkan replika mobil Formula E di Bundaran HI, Jakarta Pusat sejak 26 Maret lalu.

Replika ini dalam rangka menyambut dan mempromosikan perhelatan Jakarta E-Prix 2023 yang didatangi beberapa atlet dari berbagai penjuru dunia.

Vice President Corporate Secretary PT Jakpro Syachrial Syarif mengatakan, showcase mobil balap Gen II di Bundaran HI ini merupakan bagian dari ajang promosi menjelang perhelatan ABB FIA Formula E World Championship di AGI JIEC pada 3-4 Juni mendatang.

Rencananya, showcase ini akan berlangsung hingga tanggal 14 April 2023 nanti.

“Setelahnya, mobil balap Gen III akan menempati lokasi showcase yang sama hingga perhelatan berlangsung. Seperti apa perbedaan tampilan fisik mobil balap Gen III? Kita nantikan kehadirannya,” kata Syachrial.

Di sisi lain, panitia Jakarta E-Prix 2023 juga mengumumkan bahwa pendaftaran akreditasi media telah dibuka.

Momentum saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Presiden Joko Widodo tertawa terbahak di sela perhelatan balap Formula E 2022.
Momentum saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Presiden Joko Widodo tertawa terbahak di sela perhelatan balap Formula E 2022.

Kantor media yang berkeinginan untuk mengutus personilnya untuk hadir dan meliput kegiatan secara LIVE diharuskan untuk mendaftarkan medianya melalui https://fe.ams.fia.com.

“Setelah pendaftaran, panitia media center FIA akan melakukan verifikasi data. Apabila lolos verifikasi, maka pendaftar akan menerima surat elektronik berisi informasi pengambilan ID press seminggu sebelum acara dimulai,” ujarnya.

“Pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 6 Mei 2023. Panitia media center FIA tidak menerima pendaftaran di luar masa pendaftaran yang telah di tetapkan,” lanjutnya. (m26)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Baca Juga

Komentar