Demonstrasi May Day di Prancis Rusuh, 400 Polisi Luka 540 Orang Ditangkap - inews

 

Demonstrasi May Day di Prancis Rusuh, 400 Polisi Luka 540 Orang Ditangkap

5-6 minutesDemonstrasi May Day di Prancis Rusuh, 400 Polisi Luka 540 Orang Ditangkap Demonstrasi May Day di Prancis rusuh, 540 orang ditangkap (Foto: Reuters)

PARIS, iNews.id - Demonstrasi Hari Buruh Internasional atau May Day di Paris, Prancis, dan kota lain, Senin (1/5/2023), berlangsung rusuh. Sejauh ini kepolisian Prancis telah menangkap 540 orang.

Shopee

FLASH SALE Rp99 DAY

Total Hadiah 2M | GRATIS ONGKIR s/d 20 RIbu | Flash Sale Rp99 | Diskon hingga 70%

LIHAT
KODE YSX

S & K 📅 31 May 2023

May Day menjadi momentum bagi para buruh Prancis untuk turun ke jalan menentang program reformasi pensiun pemerintahan Presiden Emmanuel Macron.

Baca Juga

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengatakan sebagian besar demonstran yang ditangkap berada di Paris.

"Kemarin, di seluruh Prancis, ada lebih dari 500 penangkapan, tepatnya 540 orang ditahan, 305 di antaranya ditahan di Paris," kata Darmanin, dalam wawancara dengan stasiun televisi RMC BFMTV.

Baca Juga

Dia menambahkan, jumlah polisi yang terluka dalam kerusuhan demonstrasi May Day mencapai 406 orang. Dari jumlah itu 259 di antaranya berada di Paris.

Prancis dilanda demonstrasi besar-besaran bersamaan dengan May Day. Polisi terpaksa menembakkan gas air mata dan meriam air untuk menghentikan kerusuhan. 

Massa melempar batu, bom molotov, bahan peledak rakitan, serta menembakkan suar ke petugas.

Serikat pekerja CGT menyatakan sekitar 2,3 juta orang bergabung dalam demonstrasi May Day, sekitar 550.000 di antaranya turun ke jalan-jalan di Paris. 

Dewan Konstitusi Prancis pada 14 April lalu mengesahkan pasal kunci dari RUU reformasi pensiun. Prancis secara bertahap akan menaikkan usia pensiun dari 62 menjadi 64 tahun pada 2030. 

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews.id tidak terlibat dalam materi konten ini.




Lokasi Tidak Terdeteksi

Anda sedang menikmati berita di sekitar Anda

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda

Baca Juga

Komentar