Profil dan Biodata Chris Martin Coldplay, Ketahui Sebelum Nonton Konsernya - Beritasatu

 

Profil dan Biodata Chris Martin Coldplay, Ketahui Sebelum Nonton Konsernya

By selanjutnya
beritasatu.com
April 19, 2023
Profil dan biodata Chris Martin Coldplay
Profil dan biodata Chris Martin Coldplay

Jakarta, Beritasatu.com - Euforia penggemar musik masih membahas tentang band Coldplay yang akan konser di Indonesia. Salah satu yang paling menarik yakni tentang sang vokalis Chris Martin. Untuk itu, ini Profil dan biodata Chris Martin Coldplay yang akan menggelar konser dalam waktu dekat.

Band Coldplay secara resmi akan menggelar konser pertamanya di Indonesia pada 15 November 2023. Konser tersebut rencananya akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Konser yang dipromotori oleh PK Entertainment dan Third Eye Management tersebut akan bertajuk "Music of the Spheres World Tour". Nama tersebut sesuai dengan nama album terakhir Coldplay yang dirilis pada 2021.

Profil Chris Martin
Pemilik nama lengkap Christopher Anthony John Martin ini lahir di Whitestone, Exeter, Britania Raya, pada 46 tahun silam. Ayahnya, Anthony Martin merupakan pensiunan akuntan dan ibunya, Alison Martin adalah seorang guru seni musik.

Mempunyai seorang ibu yang berprofesi sebagai guru musik, membuat Chris Martin tumbuh dengan berbagai referensi serta pengetahuan musik yang luas. Bahkan, dia juga mahir memainkan banyak alat musik sejak kecil.

Chris Martin menempuh pendidikan asrama di Sekolah Sherborne. Ketika sekolah, Chris Martin tergabung dalam grup musik The Rocking Honkies. Meski band tersebut tidak berlangsung cukup lama tetapi, berhasil membawa Chris Martin untuk bertemu dengan Phil Harvey, manajer Coldplay sekarang ini.

Pelantun Fix You tersebut kemudian melanjutkan studinya di University College London di jurusan Studi Dunia Kuno, bahasa Yunani dan Latin. Selama masa orientasi mahasiswa, Chris Martin bertemu dengan Jonny Buckland, yang sekarang merupakan gitaris utama Coldplay.

Biodata Chris Martin

  • Nama lengkap: Christopher Anthony John Martin
  • Nama panggung: Chris Martin
  • Tempat Lahir : Exeter, Inggris
  • Tanggal Lahir : 2 Maret 1977
  • Zodiak: Pisces
  • Posisi : Vokalis
  • Kewarganegaraan: Inggris
  • Tinggi Badan : 187 cm
  • Pendidikan: University College London

Perjalanan Karier Chris Martin
Perjalanan karier musik Chris Martin dimulai ketika dirinya berkuliah dan bertemu dengan Jonny Buckland pada 1996. Mereka berencana untuk membentuk sebuah band dan mulai menulis lagu pertama bersama pada awal 1997.

Dari sana, mereka bertemu dengan Guy Berryman yang merupakan pemain bass Coldplay dan sang drummer Will Champion. Setelah beberapa kali mengganti nama, mereka berempat memutuskan untuk menamai band mereka dengan nama Coldplay.

Chris Martin bersama rekannya tersebut mulai menulis lagu dan tampil di beberapa acara. Pada tahun 2000, band ini merilis debut albumnya yang berjudul “Parachutes”. Album tersebut meledak dan sukses secara internasional.

Bahkan, lagu hits pertamanya yang berjudul Yellow sukses membawa Coldplay mendapatkan nominasi Grammy Award pertama mereka. Selain itu, Chris Martin juga pernah berkolaborasi dengan berbagai artis seperti Jay Z pada 2006 lewat album “Kingdom Come”.

Sampai saat ini, Coldplay telah merilis total sembilan album studio di antaranya, “Parachutes”, “A Rush of Blood to the Head”, “X&Y”, “Viva la Vida or Death”, “Mylo Xyloto”, “Ghost Stories”, “A Head Full of Dreams”, “Everyday Life”. Albumnya yang terbaru adalah “Music of the Spheres”.

Dalam album terbarunya itu, Chris Martin menuliskan lagu sekaligus berkolaborasi dengan grup musik Korea BTS dengan lagu yang berjudul My Universe. Dia juga menggandeng penyanyi Selena Gomez dalam lagu Let Somebody Go.

Selain dunia musik, Chris Martin pernah terlibat dalam dunia akting dalam film komedi horor yang berjudul Shaun of the Dead pada 2004. Chris Martin juga terlibat dalam kampanye sosial yakni Make Trade Fair Oxfam untuk menyuarakan keadilan perdagangan.

Pada 2009, Chris Martin tampil di konser amal Sound Relief, Sydney untuk kebakaran hutan dan banjir yang memakan banyak korban di Australia. Bahkan, Coldplay diketahui telah menyumbangkan 10 persen dari pendapatan mereka untuk organisasi pemulihan lingkungan Nature based Solutions (NbS).

Mengutip laman Celebrity Worth, Chris Martin memiliki kekayaan bersih mencapai $130 juta atau setara dengan Rp 1,9 triliun rupiah. Sejauh ini, Coldplay merupakan salah satu band terlaris di dunia dan sudah memenangkan 7 Grammy Awards.

Kisah Romansa Chris Martin
Chris Martin pernah menikah dengan aktris Gwyneth Paltrow pada 5 Desember 2003. Dari pernikahan tersebut dikaruniai dua orang anak yaitu, Apple Blythe Alison Martin dan Moses Bruce Anthony Martin.

Sayangnya, pernikahannya mereka harus berakhir pada Maret 2014 setelah sepuluh tahun menikah. Lima bulan setelah bercerai dengan Gwyneth Paltrow, pelantun My Universe ini diketahui telah berkencan dengan aktris Jennifer Lawrence.

Namun, hubungan keduanya harus kandas setelah empat bulan berpacaran. Terbaru, Chris Martin saat ini sedang menjalin hubungan dengan pemain film Fifty Shades of Grey, Dakota Johnson sejak 2017.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Baca Juga

Komentar