Daftar Penumpang Kapal Selam Wisata Titanic yang Hilang Halaman all - Kompas

 

Daftar Penumpang Kapal Selam Wisata Titanic yang Hilang Halaman all - Kompas.com

Foto tak bertanggal milik OceanGate Expeditions ini menunjukkan peluncuran kapal selam Titan mereka dari sebuah platform. Kapal selam Titan milik OceanGate Expedition yang dipakai untuk mengangkut wisatawan pada Minggu (18/6/2023) dilaporkan hilang. Tim penyelamat memperluas pencarian mereka di bawah air pada 20 Juni 2023, saat mereka berpacu dengan waktu untuk menemukan kapal selam wisata selam Titan yang hilang di dekat bangkai kapal Titanic dengan lima orang di dalamnya dan oksigen terbatas. Semua komunikasi terputus dengan kapal Titan setinggi 21 kaki (6,5 meter) selama penyelaman pada ke Titanic, yang berada di kedalaman tekanan yang menghancurkan lebih dari dua mil (hampir empat kilometer) di bawah permukaan Atlantik Utara.

BOSTON, KOMPAS.com - Seorang pengusaha terkemuka Pakistan dan putranya termasuk di antara lima orang di kapal selam wisata Titanic yang masih hilang di Atlantik Utara.

Selain itu, ada miliader Inggris bernama Hamish Harding. Perusahaan penerbangannya mengonfirmasi dia ikut dalam ekspedisi tersebut.

Kapal selam Titanic sepanjang 6,5 meter ini dioperasikan oleh OceanGate Expedition. Penyelaman dilakukan pada Minggu (18/6/2023), dan hilang kontak kurang dari dua jam kemudian.

Berikut ini adalah daftar penumpang kapal selam wisata Titanic yang belum ditemukan:

1. Hamish Harding

Miliarder Inggris dan ketua perusahaan penerbangan Action Aviation itu termasuk di antara mereka yang hilang.

Harding yang menetap di Dubai telah memposting di media sosial bahwa dia bangga menuju Titanic sebagai "spesial misi".

"Karena musim dingin terburuk di Newfoundland dalam 40 tahun terakhir, misi ini kemungkinan besar akan menjadi misi berawak pertama dan satu-satunya ke Titanic pada tahun 2023," tambahnya, dikutip dari Reuters.

Harding juga ikut serta dalam misi penerbangan "One More Orbit" pada 2019 yang mencatat rekor penerbangan tercepat mengelilingi bumi dengan pesawat terbang di kedua kutub geografis.

"Dia tidak tinggal diam. Jika dia tidak bekerja keras, dia menjelajah dengan keras," kata Jannicke Mikkelson, seorang penjelajah dan teman Hamish.

2-3. Shahzada Dawood dan anaknya Suleman

Pihak keluarga telah mengonfirmasi bahwa mereka ada di kapal selam.

Shahzada adalah vice chairman salah satu konglomerat terbesar Pakistan, Engro Corporation, dengan investasi pada pupuk, manufaktur kendaraan, energi, dan teknologi digital.

Dalam situs web SETI, sebuah lembaga penelitian yang berbasis di California di mana ia menjadi salah satu pengawasnya, disebutkan bahwa Shahzada tinggal di Inggris bersama istri dan dua anaknya.

Minat Shahzada meliputi fotografi satwa liar, berkebun, dan menjelajahi habitat alami, sedangkan Suleman adalah penggemar literatur fiksi ilmiah, menurut pernyataan dari Dawood Group.

4. Paul-Henri Nargeolet

Penjelajah asal Perancis berusia 77 tahun itu dilaporkan termasuk di antara lima orang di dalam kapal selam wisata Tinatic yang masih hilang.

Dia adalah direktur penelitian bawah laut di sebuah perusahaan yang memiliki hak atas bangkai kapal Titanic.

Nargeolet merupakan seorang mantan komandan di Angkatan Laut Perancis.

Dia adalah seorang penyelam yang dalam dan penyapu ranjau.

Setelah pensiun dari angkatan laut, dia memimpin ekspedisi penyelamatan pertama ke Titanic pada tahun 1987 dan merupakan otoritas terkemuka di lokasi bangkai kapal.

Dalam wawancara tahun 2020 dengan radio France Bleu, dia berbicara tentang bahaya penyelaman dalam.

"Saya tidak takut mati, saya pikir itu akan terjadi suatu hari nanti," kata dia saat itu.

5. Stockton Rush

Stockton Rush adalah pendiri dan CEO perusahaan operasi kapal yang berbasis di AS, OceanGate.

Dia dilaporkan juga berada di kapal selam, menurut laporan media.

"Ini adalah bangkai kapal yang luar biasa indah," kata Rush kepada Kantor berita Inggris Sky News tentang Titanic awal tahun ini. "

Rush tercatat menjadi pilot dengan peringkat transportasi jet termuda di dunia ketika dia memperoleh peringkat DC-8 Type/Captain's di United Airlines Jet Training Institute pada tahun 1981 di usia 19 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Komentar