Anies dan Keluarga Sempatkan Ziarah ke Makam Syuhada Perang Uhud, Teladani Kisah Sahabat Hamzah - inews

 

Anies dan Keluarga Sempatkan Ziarah ke Makam Syuhada Perang Uhud, Teladani Kisah Sahabat Hamzah

inews.id
July 10, 2023
Anies Baswedan dan keluarga di pemakaman sahabat
Anies Baswedan dan keluarga di pemakaman sahabat

JAKARTA, iNews.id - Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan, bersama keluarganya meluangkan waktu untuk berziarah ke makam syuhada perang Uhud di Arab Saudi. Ia menjelaskan di makam tersebut juga terdapat sahabat dan paman Rasulullah SAW yang berjarak tidak jauh dari Masjid Nabawi.

"Berjarak 5 kilometer ke utara dari Masjid Nabawi, tepatnya di antara Gunung Uhud dan Bukit Rumat (Bukit Pemanah), kami berkesempatan ziarah ke Makam Syuhada Perang Uhud. Di sana juga terbaring Sayyidina Hamzah bin Abdul Muthalib, seorang sahabat dan paman Rasulullah SAW," tulis Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan, Senin (10/7/2023).

Anies juga menjelaskan bahwa semua yang melakukan ziarah ke makam tersebut dapat mengambil hikmah dan teladan dari kisah hidup Sayyidina Hamzah.

"Perjuangannya, keberaniannya, dan keteguhannya dalam menegakkan Islam membuatnya dijuluki Singa Allah, dan Rasulullah SAW juga memberinya gelar Sayyid al-Syuhada," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 tersebut juga menceritakan perang yang terjadi pada bulan Maret 625 Masehi, yang memberikan gambaran tentang bagaimana kemenangan yang tampak begitu dekat, namun karena kurangnya kesabaran, berbalik menjadi kekalahan.

"Ini merupakan sebuah hikmah yang dapat diterapkan dalam kehidupan kita, agar senantiasa teguh dan sabar dalam berjuang untuk mencapai tujuan. Insya Allah, pelajaran ini akan kita pegang bersama-sama," ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies juga mengutip hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang menyatakan, "Sesungguhnya, Uhud adalah satu gunung yang mencintai kami, dan kami juga mencintainya."

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar