KKB Serang Militer Niger di Perbatasan, 17 Orang Tewas - inews

 

KKB Serang Militer Niger di Perbatasan, 17 Orang Tewas

inews.id
August 16, 2023
Serangan KKB di Niger tewaskan 17 tentara
Serangan KKB di Niger tewaskan 17 tentara

NIAMEY, iNews.id - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang militer Niger di perbatasan dekat Burkina Faso. Akibat serangan itu, 17 tentara tewas.

Melansir dari Reuters, Kamis (17/8/2023), tentara Niger berhasil melumpuhkan serangan 100 anggota KKB itu. Tidak diketahui pasti jumlah korban dari KKB.

"Reaksi cepat prajurit dan respons udara-darat di lokasi bentrokan memungkinkan musuh dapat ditangani," tulis keterangan resmi Junta Militer Niger.

Niger baru saja mengalami kudeta pada 26 Juli. Presiden Mohamed Bazoum ditahan dan akan diadili karena dinilai tidak bisa mengatasi masalah pemberontakan dan kekerasan bersenjata.

Pemimpin Junta Militer Jenderal Abdourahmane Tiani menolak mengembalikan Presiden Bazoum ke jabatannya.

Tiani mengatakan pengambilalihan kekuasaan diperlukan untuk meredam pemberontakan.

Niger merupakan salah satu negara di Afrika Barat yang mengalami pemberontakan dari kelompok yang terafiliasi dengan Al Qaeda.

Konflik itu telah membunuh ribuan orang, memaksa jutaan orang mengungsi dari rumah mereka, dan menyebabkan kelangkaan pangan.

Sementara itu, Amerika Serikat mengumumkan duta besar baru untuk Niger akan tiba di Niamey untuk mengawasi situasi politik dan keamanan di sana.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar