Disindir Prabowo Soal Polusi Jakarta Salahkan Angin, Anies Sentil Balik: Bicara Pakai Data Bukan Fiksi – bulat – https://bit.ly/3ThcpSx #Opsiin #Kopiminfo - https://ift.tt/g60TzU1

Disindir Prabowo Soal Polusi Jakarta Salahkan Angin, Anies Sentil Balik: Bicara Pakai Data Bukan Fiksi – bulat December 13, 2023 at 07:45AM

Disindir Prabowo Soal Polusi Jakarta Salahkan Angin, Anies Sentil Balik: Bicara Pakai Data Bukan Fiksi

Hadi Iswanto – Selasa, 12 Desember 2023 22:15 WIB
Disindir Prabowo Soal Polusi Jakarta Salahkan Angin, Anies Sentil Balik: Bicara Pakai Data Bukan Fiksiantara
Prabowo kerap serang Anies pada debat Capres pertama di Gedung KPU, Selasa malam
We Are Hiring bulat.co.id -Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyindir calon presiden 1 Anies Baswedan soal penanganan polusi di DKI Jakarta lantaran menyalahkan angin. Anies balik menyentil Prabowo pakai data bukan fiksi

Mulanya, Prabowo bertanya soal penanganan polusi di DKI Jakarta. Ia menyebut saat Anies memimpin seringkali Jakarta menerima indeks polusi tertinggi di dunia.

Advertisement

"Bagaimana anggaran 80 triliun (rupiah) tidak dapat berbuah yang berarti untuk kurangi polusi?" kata Prabowo dalam debat pertama Pilpres 2024 di KPU, Jakarta, Selasa (12/12).

Anies mengatakan kalau angin di wilayah DKI Jakarta tak bisa dikontrol. Ia mengingatkan bahwa polusi udara tak punya KTP.

"Polusi udara tak punya KTP, angin tak ada KTP, bergerak dari sana sini, ketika polutan muncul dari PLTU mengalir ke Jakarta karena Jakarta punya indikator. Ketika angin bergerak ke arah Sumatera laut Jawa, di sana tidak ada alat monitor maka tidak muncul," kata Anies.

Jawaban itu kemudian disanggah oleh Prabowo dan menyebut kalau Anies hanya menyalahkan angin. Menurutnya, Anies tak memiliki penyelesaian yang konkret terkait masalah polusi udara.

"Ya susah kalau kita salahkan angin," kata Prabowo disambut tawa para pendukungnya.

"Jadi saya bertanya, saya bertanya dengan anggaran begitu besar, langkah yang bisa dilakukan dalam 5 tahun mengurangi polusi di mana rakyat Jakarta sakit pernafasan," ujarnya melanjutkan.

"Kalau kita salahkan angin, hujan dan sebagainya mungkin tidak perlu ada pemerintahan kalau gitu," kata Prabowo.

Anies Balik Sentil Prabowo

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan membalas tanggapan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto soal penanganan polusi di Jakarta.

Anies membalas respons Prabowo itu menunjukkan perbedaan antara data dan fiksi.

"Inilah bedanya yang berbicara pakai data dan yang berbicara pakai fiksi. Saya pakai data," ujar Anies.

"Memang ada sumber polutan dari dalam kota, tapi kalau sumber polutan itu hanya dalam kota, maka pakai logika sederhana, jumlah motor dan mobil setiap hari sama, maka harusnya angka polusinya sama setiap waktu," lanjutnya.

Anies kemudian mengatakan bahwa penyelesaian polusi itu membutuhkan solusi berbasis pengetahuan dan data. Ia juga menekankan pentingnya melibatkan ilmuwan dalam penanganan kasus tersebut.

Sebab, ia meyakini langkah penanganan itu baru akan tepat jika melibatkan data dan pengetahuan dalam mencari solusi.

"Kalau perlu saya kirim gambar satelitnya kepada bapak, supaya bapak dapat menyaksikan," ujar Anies.

"Inilah mengapa kita mengambil langkah itu pakai ilmu pengetahuan, pakai data, dan menggunakan scientist untuk terlibat, kalau tidak pakai itu tidak ada langkah benar," sambungnya.

Anies dan Prabowo kerap terlibat saling serang dalam debat pertama ini. Momen ini mencuat ketika Anies menyinggung masalah demokrasi yang diklaimnya tak berjalan.

Halaman :

Informasi Terkini, terpopuler serta pilihan dari berbagai sumber terpercaya di https://bit.ly/3GMnTDt dan https://bit.ly/3aagi7A



from Media Informasi – Kopiminfo https://ift.tt/g60TzU1
via IFTTT

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya