Adu Gagasan Capres-Cawapres 2024 di KPK: Jadwal dan Link Live Streaming

 Adu Gagasan Capres-Cawapres 2024 di KPK: Jadwal dan Link Live Streaming

Tim detikcom

Jakarta -

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar adu gagasan antikorupsi capres-cawapres 2024. Program ini bernama Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Berintegritas (PAKU Integritas).

KPK mengatakan tiga paslon capres dan cawapres peserta Pilpres 2024 sudah dipastikan hadir. Berikut jadwal dan link live streaming acara PAKU Integritas capres dan cawapres 2024.

Apa itu PAKU Integritas?

Dikutip dari situs Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Berintegritas (Paku Integritas) adalah program yang dijalankan KPK melalui Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat yang secara khusus melaksanakan tugas serta fungsi sosialisasi dan kampanye, pendidikan serta pelatihan antikorupsi guna menguatkan komitmen antikorupsi.

Paku Integritas diharapkan dapat menjadi sebuah forum edukasi, komunikasi, diskusi serta konsultasi untuk berbagi informasi serta pengetahuan terkini dalam rangka meningkatkan serta menguatkan komitmen antikorupsi serta integritas bagi penyelenggara negara dalam konteks pendidikan dan pencegahan korupsi.

KPK menggelar program Paku Integritas yang melibatkan pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024. Mereka akan adu gagasan antikorupsi di markas KPK. Acara tersebut dilaksanakan pada:

KPK Sudah Kantongi Izin dari KPU

Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU selaku penyelenggara Pemilu terkait kegiatan yang melibatkan para capres dan cawapres. Nawawi mengaku pihaknya sudah mendapat restu dari KPU untuk menyelenggarakan acara tersebut.

"Kita sudah mendapatkan semacam restu lah dari penyelenggara pemilu yaitu KPU untuk menyelenggarakan kegiatan itu karena ketiga pasangan ini, memang ada domain kekuasaan KPU. Kalau KPU bilang tidak boleh, ya tidak boleh, kita tidak bisa jalani," kata Nawawi dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (16/1).

"Kita sudah mendapatkan lampu hijau bahwa itu bisa dilaksanakan," imbuhnya.

Nawawi mengatakan format PAKU Integritas formatnya dalam bentuk debat dan adu program. Lewat PAKU Integritas, nantinya KPK akan menyampaikan persoalan dan hambatan dalam penanganan kasus korupsi.

"Formatnya tidak dalam bentuk debat tadi, soal sebutan yang teman sebutkan tadi bahwa saya pernah berujar debat kusir itu cuma kelepasan saja," ujar Nawawi.

"Jadi tidak ada, format seperti debat itu, kami pastikan itu tidak ada. Kemudian, bukan juga adu program, nggak, forum itu kita maksud kan lembaga ingin menyampaikan kepada calon, problem apa saja, hambatan apa saja yang kita temukan dalam upaya pemberantasan korupsi," imbuhnya.

Nawawi menyebutkan nantinya KPK akan bertanya komitmen capres untuk menyelesaikan persoalan yang dipaparkan oleh para pimpinan KPK. Dia mengungkap ada 6 sampai 10 permasalahan yang akan dipaparkan KPK di hadapan para capres dan cawapres.

"Apakah kelak kemudian kalau satu di antara mereka terpilih, komitmen untuk menyelesaikan persoalan yang kami sebutkan tadi. Mungkin ada 6 sampai 10 persoalan yang akan diangkat, tetapi barangkali forum ini saya nyebut satu aja gitu barangkali," ujarnya.

Simak juga Video: TKN: Prabowo-Gibran Tak Mau Cari kesalahan Orang saat Debat

(kny/imk)

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek