AHY Dorong TNI Matangkan Blue Print Transformasi-Modernisasi Pertahanan RI - detik

 

AHY Dorong TNI Matangkan Blue Print Transformasi-Modernisasi Pertahanan RI

By Arief Ikhsanudin
detikcom
January 19, 2024
Agus Harimurti Yudhoyono
Agus Harimurti Yudhoyono
Jakarta -

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku, setelah debat Pilpres ketiga, ditanya soal pertahanan dan hubungan internasional. PD akan mendorong cetak biru pertahanan nasional untuk transformasi dan modernisasi TNI.

Dalam pidato politik di Yogyakarta, AHY menyampaikan Indonesia perlu terus meningkatkan postur pertehanan negara. TNI harus menjadi angkatan bersenjata kelas dunia.

"Indonesia perlu terus meningkatkan postur pertahanan negara, dengan membangun TNI menjadi angkatan bersenjata yang berkelas dunia, profesional, modern, adaptif, serta disegani negara lain dan dicintai rakyatnya," kata AHY dalam pidato politiknya, Jumat (19/1/2024).

AHY menodong untuk TNI mematangkan blue print transformasi dan modernisasi TNI. Blue prind itu menjadi acuan untuk membangun pertahanan kelas dunia.

"Untuk itu, saya optimistis dan ingin terus mendorong TNI dalam mematangkan blue print transformasi dan modernisasi TNI, baik jangka pendek, menengah maupun panjang; sebagai acuan dalam membangun kapasitas pertahanan yang berkelas dunia," ucapnya.

Cetak biru pertahanan nasional membuat setiap anggaran yang dikeluarkan akan sesuai dengan program pertahanan. Dengan itu, bisa berdampak pada penguatan TNI.

"Dengan cetak biru pertahanan nasional, setiap rupiah yang dibelanjakan oleh pemerintah dalam sejumlah program pertahanan, saya yakini akan benar-benar berdampak langsung pada penguatan profesionalitas TNI sebagai
tentara modern," katanya.

"Tentu saja, tanpa melupakan jati dirinya sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, dan tentara nasional," ujarnya.


(aik/aud)

Baca Juga

Komentar