Cak Imin Siap Adu Data dengan Luhut soal Hilirisasi Tambang - Liputan 6

 

Cak Imin Siap Adu Data dengan Luhut soal Hilirisasi Tambang

11
Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (YouTube Liputan6)
Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (YouTube Liputan6)

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar mengaku, siap adu data dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan perihal hilirisasi tambang yang dianggapnya ugal-ugalan. Hal ini disampaikan Muhaimin saat berkampanye di Purawista, Yogyakarta, Senin (29/1/2024).

"Saya hari-hari ini mau ketemu Pak Luhut, katanya mau ada data. Mau adu data, apakah benar jumlah tambang-tambang kita maslahat dan mudaratnya enggak imbang. Ngerti maslahat dan mudaratnya enggak? Jangan-jangan Opung enggak ngerti," kata pria yang akrab disapa Cak Imin ini seperti dikutip dari kanal YouTube Liputan6, Senin (29/1/2024).

BACA JUGA:

Advertisement

Cak Imin berpendapat, hilirisasi tambang yang dilakukan saat ini justru hanya menguntungkan sejumlah pihak. Selain itu, kata dia, lingkungan juga semakin rusak akibat hilirisasi tambang yang terus digenjot.

"Perubahan itu tak bisa dielakan, semakin hari semakin nyata. Berbagai kerusakan terus dilakukan, termasuk kita saksikan rusaknya alam raya kita karena kerakusan segelintir orang. Pembangunan itu butuh keadilan. Keadilan yang pertama yang penting, keadilan antar generasi," ucap Cak Imin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mencontohkan, tambang nikel yang terus dikeruk tanpa memperhatikan dampak kerusakan lingkungan di daerah sekitarnya.

"Contoh nikel, nikel ini beberapa tahun terkahir ini dikelola habis-habisan sampai dieksplor, sampai harga nikel ambles. Enggak sabar, pembangunan itu butuh keadilan," tambah Cak Imin.

Sebelumnya, Cak Imin mengaku, menerima ajakan Menko Luhut untuk melihat proses hilirisasi nikel di Sulawesi Tengah itu. 

"Nanti kalau kampanye mulai agak reda, ini saya lagi di daerah, tentu akan saya temui Pak Luhut, saya ajak ke daerah-daerah tambang," kata Cak Imin setelah Deklarasi Dukungan Laskar Santri di Wonosobo, Sabtu 27 Januari 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantah Hilirisasi Ugal-ugalan, Menko Luhut Undang Cak Imin ke Weda Bay-Morowali

Menko Luhut
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan/Istimewa.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan proses hilirisasi nikel berjalan di Indonesia. Dia pun mengaku ingin mengajak Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ke kawasan industri nikel.

Dua tempat itu adalah Kawasan Industri Weda Bay dan Kawasan Industri Morowali di Sulawesi Tengah. Menko Luhut ini membuktikan hilirisasi nikel berjalan dan tidak ugal-ugalan.

"Saya pengen sebenarnya mengundang Muhaimin itu berkunjung ke Weda Bay, ke Morowali untuk lihat sendiri, seeing is believing," ucap Menko Luhut melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan, Rabu (24/1/2024).

Advertisement

Dia menyebut klaim Cak Imin soal hilirisasi nikel ugal-ugalan tersebut merupakan suatu pembohongan publik. Dia menilai, Cak Imin tidak memiliki karakter yang baik.

"Daripada anda berbohong kepada publik yang menurut saya itu satu karakter yang gak bagus untuk mencapai suatu posisi, anda membohongi publik dengan memberikan informasi seperti tadi," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Advertisement

Baca Juga

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek