Hampir 500 Warga Mengungsi akibat Teror KKB di Intan Jaya, Jumlahnya Bisa Terus Bertambah - inews

 Hampir 500 Warga Mengungsi akibat Teror KKB di Intan Jaya, Jumlahnya Bisa Terus Bertambah

Armydian Kurniawan

Hampir 500 Warga Mengungsi akibat Teror KKB di Intan Jaya, Jumlahnya Bisa Terus Bertambah Warga Kampung Mamba Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya mendatangi Pos TNI Satgas 330/TD untuk minta perlindungan dari teror KKB. (Foto: Penkogabwilhan III).

JAYAPURA, iNews.id - Jumlah warga yang mengungsi akibat teror Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) mendekati 500 orang. Mereka meminta perlindungan aparat TNI dan Polri.

Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa mengatakan, jumlah warga yang mengungsi bisa terus bertambah jika KKB atau dikenal Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) itu terus melancarkan teror dan serangan.

Baca Juga

Serangan KKB di Intan Jaya Picu Gelombang Pengungsian 

“Sampai saat ini jumlah masyarakat yang mengungsi mendekati 500 orang dan jumlah ini akan terus bertambah seiring tindakan teror KSTP  yang semakin brutal,” ujar Kolonel Czi Suriastawa dalam keterangannya, Rabu (24/1/2024).

Dia menjelaskan, para pengungsi berasal dari enam kampung, yakni Holomama, Soambili, Mamba Atas, Amaisiga, Jalai dan Yokatapa.

Baca Juga

1 Anggota KKB Tewas Kontak Tembak dengan TNI, Langsung Diseret Rekannya Kabur

"TNI akan senantiasa melindungi dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, kita berharap KSTP hentikan teror kepada masyarakat, jangan korbankan rakyat yang tidak bersalah," ucapnya.

Baca Juga

5 Anggota KKB Tewas Ditembak TNI Polri dalam Serangan Balasan di Intan Jaya

Menurutnya, KKB di Intan Jaya, Papua Tengah gencar menebar teror dengan membuat kekacauan di masyarakat. Bahkan, kata dia KKB menyerang Pos TNI Polri yang menyebabkan warga Kampung Mamba Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya mendatangi Pos TNI Satgas 330/TD untuk minta perlindungan.

"Benar telah terjadi pengungsian besar-besaran masyarakat  Sugapa minta perlindungan aparat TNI Polri. Saat ini masyarakat pengungsi dalam keadaan aman dan telah diarahkan oleh aparat keamanan untuk diungsikan di rumah milik tokoh masyarakat, juga ditampung di Pos TNI Polri,” katanya.

Editor : Kurnia Illahi

Follow Berita iNewsPapua di Google News






Baca Juga

Komentar