Krisis Laut Merah "Makan Korban" Baru: Malaysia - CNBC Indonesia

 

Krisis Laut Merah "Makan Korban" Baru: Malaysia

sef, CNBC Indonesia
News
24 January 2024 06:37
PUTRAJAYA, MALAYSIA - OCTOBER 13: Detail view of Malaysian flag in Perdana Putra, the office complex of the Prime Minister of in Putrajaya in the background prior to the 26th Le Tour de Langkawi 2022, Stage 3 a 124.2km stage from Putrajaya to Genting Highlands 1649m / #PETRONASLTdL2020 / on October 13, 2022 in Putrajaya, Malaysia. (Photo by Tim de Waele/Getty Images)
Foto: Malaysia (Photo by Tim de Waele/Getty Images)

Jakarta, CNBC Indonesia - Krisis yang sedang berlangsung di Laut Merah mulai berdampak pada industri pelayaran lokal tetangga RI, Malaysia. Konsumen d negara itu pun diperkirakan akan menanggung beban terbesar dari kenaikan biaya pengangkutan.

Serangan yang dilakukan oleh milisi Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah sejak bulan November telah mengakibatkan jalur pelayaran besar mengambil rute yang lebih panjang melalui Tanjung Harapan, Afrika Selatan (Afsel). Ini mengakibatkan perpanjangan waktu perjalanan setidaknya 10 hari dari pelabuhan negeri itu, Port Klang.

Mengutip Free Malaysia Today (FMT), Rabu (24/1/2024), perusahaan pelayaran mengaku mengalami kenaikan biaya pengiriman dari Port Klang ke pelabuhan utama Eropa, Rotterdam. Ini dari tanggal 15 hingga 31 Desember dan 15 hingga 30 Januari.

Biaya pengiriman kontainer berukuran 20 kaki meningkat dari US$975 (Rp 15 juta) menjadi US$3.300 (Rp 51 juta) atau naik 238%. Sedangkan biaya pengiriman kontainer berukuran 40 kaki meningkat dari US$1.650 (Rp 25,9 juta) menjadi US$5.100 (Rp 80 juta) atau naik 209%.

"Harga naik karena risiko, premi asuransi, dan pengalihan rute pengiriman. Hal ini akan diteruskan ke konsumen jika mereka tetap bertahan," kata ekonom setempat, Geoffrey Williams.

"Sekitar 15% perdagangan global melewati Laut Merah, jadi ini jumlah yang besar. Serangan yang dilakukan Houthi saat ini mengganggu jalur perdagangan penting, termasuk perdagangan Malaysia dan Asean," tambahnya.

"Rute Laut Merah penting, namun tidak pasti, dalam mengganggu perdagangan Malaysia. Risikonya adalah apakah hal ini akan meningkat menjadi konflik regional yang lebih luas. Dampaknya akan lebih signifikan."

Diketahui, sebagai pembalasan atas serangan Houthi terhadap pelayaran di Laut Merah, pesawat tempur, kapal, dan kapal selam AS dan Inggris telah melancarkan puluhan serangan di seluruh Yaman,. Ini memperluas konflik regional akibat perang Israel di Gaza.

Sementara itu, Federasi Produsen Malaysia (FMM) telah memperingatkan eksportir dan importir bahwa tarif angkutan kemungkinan akan meningkat. Bahkan tiga kali lipat tahun ini.

Manajer Umum Otoritas Pelabuhan Klang K Subramaniam mengatakan krisis Laut Merah akan membuat lebih sedikit kapal yang singgah di pelabuhan. Ini karena menghabiskan lebih banyak waktu di laut menggunakan rute Tanjung Harapan.

Perjalanan dari Port Klang ke Rotterdam, pelabuhan persinggahan pertama di Eropa, dan kembali biasanya memakan waktu 65 hari melalui Laut Merah dan Terusan Suez. Namun jika kapal menghindari Laut Merah dan mengambil rute mengitari Tanjung Harapan, dibutuhkan waktu 85 hari untuk perjalanan pulang pergi.

"Pengirim harus menunggu lebih lama hingga kapal tiba di pelabuhan, dan kontainer juga akan menghabiskan lebih banyak waktu di pelabuhan," katanya.

"Jadwal akan terlewat karena semakin banyak kapal yang berlayar. Kargo akan berada di pelabuhan lebih lama, sehingga menimbulkan tantangan operasional. Tapi kita belum melihat hal ini di sini," tambahnya memprediksi situasi dua hingga tiga bulan ke depan.

Dikutip dari Strait Times, Laut Merah juga telah mempengaruhi harga barang-barang impor di Malaysia. Di mana kenaikan akan terlihat.

"Harga barang impor juga akan mulai meningkat karena biaya pengiriman yang lebih tinggi karena kapal kontainer terpaksa menempuh rute yang jauh lebih panjang melalui Tanjung Harapan di Afrika Selatan dibandingkan dengan Laut Merah," kata pengamat lokal Mohd Afzanizam.

"Karena sedang berlangsungnya pelayaran, serangan pengiriman oleh Houthi," tambahnya.

Ekspor dan impor Malaysia melalui laut masing-masing berjumlah sekitar 53,5% dan 60% dari total ekspor dan impor. Ini dirangkum Departemen Statistik, dalam 11 bulan pertama tahun 2023.

"Mengingat lebih dari 50% total perdagangan kita dilakukan melalui laut, setiap gangguan dalam rantai pasokan global akan meningkatkan biaya berbisnis di Malaysia," tambahnya.

Hal senada juga dikatakan mitra kesepakatan ekonomi dan kebijakan PwC Malaysia, Patrick Tay Soo Eng. Ekonomi Malaysia mungkin bisa melemah.

Tay memperkirakan perekonomian akan terus melemah pada tahun 2024, karena melambatnya perekonomian global akibat melemahnya perdagangan global. Belum lagi meningkatnya utang publik dan tingginya biaya pinjaman di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik.

"Pertumbuhan ekonomi yang lamban di Malaysia akan mengurangi pendapatan dunia usaha dan memperlambat pertumbuhan pendapatan rumah tangga," katanya.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya