Legislator Kritik Skema Bayar Kuliah ITB: Pinjol Banyak Mudaratnya - detik

Legislator Kritik Skema Bayar Kuliah ITB: Pinjol Banyak Mudaratnya

Farih Maulana Sidik

Jakarta -

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf mengkritik kebijakan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menyediakan skema cicilan pembayaran uang kuliah via pinjaman online (pinjol). Dede menyebut tidak pantas ITB menawarkan program menggandeng pinjol.

"Kalau saya sih melihatnya nggak pantes, sebuah sekolah menawarkan program pinjaman online, di mana pinjaman online itu bunganya juga besar ya, 20 persen. Padahal di dalam UU Sisdiknas itu jika ada cicilan itu tidak boleh terkena bunga, harus 0 persen," kata Dede Yusuf kepada wartawan, Minggu (28/1/2024).

Dede Yusuf meminta ITB dan kampus-kampus PTNBH harus segera membuat konsep student loan atau pinjaman mahasiswa dengan bunga 0 persen. Konsep itu, kata Dede, kampus PTNBH bisa bekerja sama dengan bank negara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Di luar negeri student loan di mana loannya itu 0 persen bunga, karena konsepnya bukan mencari keuntungan dari siswa, tapi konsepnya negara berinvestasi pada siswa. Investasi sumber daya manusia, mereka harus bisa menyelesaikan kuliah, pendidikan tanpa terbebankan soal bunga, pinjaman," ucap Dede.

"Ini harus segera dipikirkan, ini PR bagi Menteri Pendidikan agar bisa memberikan instruksi kepada kampus-kampus untuk segera membuat yang namanya student loan, ini tidak boleh berupa pinjol. Kalau pinjol ini kan sekarang kita tahu lebih banyak mudarat, daripada manfaatnya," tambahnya.

Dia menyebut dunia pendidikan bukan untuk dijadikan ladang bisnis oleh kampus. Menurutnya, dengan menggandeng pinjol maka kampus tersebut telah menguntungkan perusahaan pinjol karena setiap transaksi terkena bunga cukup tinggi.

"Saya pribadi sangat tidak setuju dengan sistem menggunakan aplikasi pinjaman online. Apalagi kalau kemudian diarahkan oleh pihak kampus sendiri. Kita harus paham di dalam dunia pendidikan, pendidikan jangan dijadikan bisnis. Pendidikan itu investasi negara kepada masyarakat melalui peningkatan kualitas SDM. Jadi lihat lah bikan soal bayar membayarnya, lihatlah bagaimana SDM-SDM kita menjadi bibit unggul, manusia manusia unggul dengan pendidikan tanpa memberatkan mereka," jelasnya.

Lebih lanjut, Dede Yusuf meminta kampus-kampus PTNBH harus segera berbenah diri, termasuk ITB yang harus memberikan klarifikasi atas kebijakan tersebut. Dia ingin agar pinjol-pinjol diberantas di kampus.

"Menurut saya bubarkan itu pinjaman online, aplikasi yang sifatnya adalah bukan memberikan keringanan, tapi akan menjadikan beban. Bayangkan mahasiswa yang sudah beban tugasnya banyak, harus mikirin pula nanti bagaimana mencicil dengan bunga yang tinggi," imbuhnya.

Penjelasan Kampus

Viral soal kebijakan ITB yang menyediakan skema cicilan pembayaran uang kuliah via pinjaman online (pinjol). Pihak kampus menjelaskan soal skema pembayaran cicilan uang kuliah ini.

Dilansir detikJabar, jagat media sosial X dihebohkan oleh unggahan sejumlah akun yang menyebut ITB bekerja sama dengan pinjol agar mahasiswa bisa mencicil uang kuliah 6-12 kali.

Tonton juga Video: Mahasiswa ITB Protes Skema Pembayaran UKT via Pinjol

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek