Lembong soal Gibran: Mungkin Rindu Saya 7 Tahun Beri Contekan Ayahnya - CNN Indonesia

 

Lembong soal Gibran: Mungkin Rindu Saya 7 Tahun Beri Contekan Ayahnya

CNN Indonesia
Senin, 22 Jan 2024 10:24 WIB
Tom Lembong mencium aroma kerinduan Gibran Rakabuming Raka terhadap contekan berkualitas untuk debat. Contekan itu pernah ia berikan ke Jokowi.
Tom Lembong mencium aroma kerinduan Gibran Rakabuming Raka terhadap contekan berkualitas untuk debat. Contekan itu pernah ia berikan ke Jokowi. ( CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Co Captain Timnas AMIN Thomas Lembong buka suara soal calon wakil presiden nomor 2 Gibran Rakabuming Raka yang sering menyebut namanya dalam debat calon wakil presiden pada Minggu (21/1) malam.

Ia memperkirakan banyaknya Gibran menyebut namanya dalam debat terjadi karena anak Jokowi itu kangen dan kemungkinan ingin mendapat masukan berkualitas darinya soal topik yang dibahas di debat.

Ia mengatakan masukan berkualitas itu sebelumnya ia telah sering berikan kepada Jokowi yang merupakan ayah Gibran selama 7 tahun menjadi tangan kanan presiden RI tersebut.

"Saya sangat apresiasi ucapan Mas Gibran yang berkali kali sebut nama saya. Tentunya selama 7 tahun buat contekan nulis pidato untuk ayahnya; presiden, saya deteksi sebuah rasa rindu mungkin karena saya tak di situ lagi untuk memberi masukan berkualitas," katanya Seperti dikutip dari video CNBCIndonesia TV bertajuk Your Money Your Vote.

Tapi sayang kata Lembong, kerinduan itu tak akan pernah terobati lagi. Pasalnya, ia kini sudah memutuskan untuk 'bercerai' dengan Jokowi dan bergabung dengan pasangan presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

"Sekarang yang menerima manfaat masukan berkualitas saya adalah AMIN," katanya.

Tom Lembong merupakan salah satu tokoh penting yang berperan dalam kemonceran karir politik Jokowi.

Ia merupakan penasihat ekonomi dan penulis pidato untuk Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Peran ini diteruskan sepanjang masa jabatan pertama Jokowi sebagai Presiden.

Saat Jokowi menjabat presiden, Tom ditunjuk Jokowi sebagai menteri perdagangan pada 2015-2016. Ia kembali dipercaya masuk kabinet dengan menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2016-2019, yang kini berganti nama menjadi Kementerian Investasi.

Tom adalah orang di balik layar yang menulis beberapa pidato Jokowi yang paling ikonik. Salah satunya adalah pidato "Game of Thrones" yang dibacakan Jokowi pada pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali pada 2018.

Ia juga menjadi penyusun pidato "Thanos" yang dibacakan Jokowi di Forum Ekonomi Dunia. 

Nah, dalam debat calon wakil presiden Minggu malam, nama Lembong banyak disebut Gibran, terutama saat 'menghajar' Cak Imin.

Salah satunya saat Gibran bertanya mengenai isu Lithium Ferro Phosphate (LFP).

"Itu sering digaungkan Pak Tom Lembong. Lithium ferro-phosphate. Ini agak aneh ya, yang sering ngomongin LFP itu timsesnya, tetapi cawapresnya enggak paham LFP itu apa. Saya enggak tahu ya Pak Tom Lembong dan timsesnya sering enggak diskusi dengan cawapresnya. Masa cawapresnya enggak paham? Aneh lho," katanya.

Lihat Juga :
(agt)

Baca Juga

Komentar