Ustaz Abdul Somad Dapat Ratusan Juta dari YouTube, Tak Pernah Dipakai Sepeser Pun Karena Haram - suara

 

Ustaz Abdul Somad Dapat Ratusan Juta dari YouTube, Tak Pernah Dipakai Sepeser Pun Karena Haram

Suara.com - Ustaz Abdul Somad alias UAS belum lama ini membuat pengakuan mengejutkan bahwa dia tak pernah memakai penghasilan YouTube-nya yang bernilai ratusan juta rupiah.

Uang tersebut didapatkan UAS melalui video-video ceramah yang dia unggah ke akun YouTube-nya. Namun Ustaz Abdul Somad mengaku mengalihkan semua uang tersebut untuk keperluan pondok pesantrennya, alih-alih untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. 

Pengakuan tersebut dibagikan UAS dalam sebuah dakwah yang dikutip oleh akun Instagram @pembasmi.kehaluan.reall pada Selasa (16/1/2024).

Sebuah artikel yang mengabarkan kalau Ustaz Abdul Somad tak pernah mengambil sepeserpun dari penghasilannya di YouTube. [Instagram]
Sebuah artikel yang mengabarkan kalau Ustaz Abdul Somad tak pernah mengambil sepeserpun dari penghasilannya di YouTube. [Instagram]

"Saya dapat duit dari YouTube bulan ini, Rp140 juta tiap bulan tapi tak pernah saya ambil seperak. (Uangnya dipakai) untuk bayar listrik, untuk beli beras, untuk semua operasional pun," kata UAS.

"Jadi kalau ditanya orang, dari mana makan santri? Dari mana lah semuanya? Dari YouTube," ucapnya menyambung. 

Suami Fatimah Az Zahra itu juga bilang bahwa sejak awal dia mengisi konten di YouTube, uangnya sudah dialihkan untuk pesantren. Karena menurut Ustaz Abdul Somad, uangnya haram bila dia konsumsi pribadi.

"Dari awal sampai sekarang tak pernah saya ambil seperak, haram. Tak susah saya. Kaya kali pun tidak. Susah kali pun tidak," ujarnya.

Ustaz Abdul Somad (Instagram/ ustadzabdulsomad_official)
Ustaz Abdul Somad (Instagram/ ustadzabdulsomad_official)

Pernah sekali UAS mendapatkan uang sampai Rp400 juta dari YouTube, tetapi semuanya dia gunakan untuk bersedekah kepada fakir miskin.

"Itu totalnya dapat sekitar Rp400 juta, duitnya habis semua untuk membeli sembako dibagi tiap bulan ke fakir miskin," tutur ulama 46 tahun ini.

Pengakuan UAS tersebut menuai ragam pujian warganet. Lelaki itu dinilai sangat rendah hati dan tak silau dengan harta kekayaan. Bahkan UAS juga dibandingkan dengan para pendakwah lainnya.

"Beda kelas ya ustaz sama sebelah. Semoga rezekinya barokah," komentar akun @pre***.

"Apa kabar @ustaz_solmed, jangan kelamaan sindrom infotainment sama kameranya," ujar akun @iin***.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek