Viral Bayar Kuliah Pakai Pinjol, DanaCita Sebut Kerja Sama dengan ITB Sejak Agustus 2023 - Beritasatu

 

Viral Bayar Kuliah Pakai Pinjol, DanaCita Sebut Kerja Sama dengan ITB Sejak Agustus 2023

BeritaSatu.com

Jakarta, Beritasatu.com - PT Inclusive Finance Group (DanaCita), penyedia layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi (LPBBTI), menyatakan telah melakukan kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam membantu mahasiswa membayar uang kuliah.  

ADVERTISEMENT

Direktur Utama DanaCita, Alfonsus Wibowo, menyatakan memorandum of understanding (MoU) antara keduanya telah ditandatangani pada 10 Agustus 2023. “Tujuan kolaborasi ini adalah memberikan fleksibilitas kepada mahasiswa ITB yang kesulitan membayar biaya kuliah atau uang kuliah tunggal (UKT) secara langsung,” kata Alfonsus Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (30/1/2024).

Alfonsus mengatakan DanaCita bukan pinjol atau pinjaman online, mengingat istilah tersebut sering dikaitkan dengan praktik layanan pendanaan yang ilegal, tidak etis, dan memiliki konotasi negatif. 

DanaCita berkomitmen sebagai penyedia layanan pendanaan yang bertanggung jawab, menjalankan praktik responsible lending dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menilai kesesuaian pendanaan dengan kemampuan penerima dana, baik itu pelajar maupun wali.

Ketua Dewan Komisioner (DK) OJK, Mahendra, membenarkan adanya program kerja sama antara ITB dan DanaCita untuk memfasilitasi pembiayaan pinjaman uang kuliah mahasiswa. “DanaCita telah mendapatkan izin sah dari OJK,” kata dia. 

Ia menegaskan kerja sama antara universitas dan perusahaan P2P lending dapat dilakukan tanpa persetujuan dari OJK. Adapun keputusan penggunaan fasilitas pinjaman sepenuhnya menjadi pilihan masing-masing mahasiswa. 

Mahendra juga mencatat DanaCita telah menjalin kerja sama serupa dengan berbagai universitas lainnya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek