13 Hari Banjir Demak, Warga di Pengungsian Tangkap Ikan untuk Makan - BeritaSatu

 13 Hari Banjir Demak, Warga di Pengungsian Tangkap Ikan untuk Makan

BeritaSatu.com

Demak, Beritasatu.com – Banjir yang melanda Kabupaten Demak, Jawa Tengah telah berlangsung hampir dua pekan. Dilaporkan, sejumlah desa masih tergenang banjir hingga 1 meter. Warga yang bertahan di posko pengungsian kini berinisiatif memanfaatkan banjir dengan menjala dan memancing ikan untuk makan. 

ADVERTISEMENT

Salah seorang warga di posko pengungsian, Muklis Setyawan mengaku, sejak banjir banyak warga yang tidak bisa bekerja. Sambil menunggu banjir surut, warga mencari kesibukan dengan mencari ikan untuk dimasak dan dimakan beramai-ramai. 

Menurut Muklis, warga di pengungsian sudah cukup lama hanya mendapat bantuan nasi bungkis, mi instan, dan telur. Warga kini mencari solusi dengan menangkap ikan agar memiliki menu yang bervariasi dan bergizi.

"Istilah sini branjang. Nanti dapat ikan, ikannya kita masak ya makan ala kadarnya, bersama nasi putih sambal sama ikan itu. Karena apa, bantuan-bantuan yang kita terima biasanya itu mi instan terus, kita ya Alhamdulillah, kemudian nasi bungkus. Namanya juga kita jenuh," kata Muklis kepada Beritasatu.com, Selasa (20/2/2024). 

Ketua RT 10/RW 03 Didik Fitriyanto mengungkapkan, mencari ikan tersebut merupakan variasi untuk makanan warga. Mengingat tambak ikan yang berada tidak jauh dari permukiman warga yang jebol sehingga dimanfaatkan untuk menjala ikan. 

Hingga hari ke-13, banjir Demak akibat jebolnya Sungai Wulan, sejumlah desa di Kecamatan Karanganyar masih terendam banjir. Salah satunya yakni Kampung Kedung Banteng, Desa Wonorejo, yang genangan banjirnya masih mencapai 1 meter.

"Sampai saat ini banjir di dalam rumah masih sekitar 1 meter. Waktu kemarin di dalam rumah 3 meter kalau di jalan hampir 4 meter. Kalau logistik di sini bertahan hingga tiga hari ke depan, tetapi untuk memenuhi kebutuhan setiap hari warga kan mengandalkan bantuan makan dari donatur," ujar Didik. 

Berdasarkan update data BPBD Jateng hari ini, banjir di Demak masih berdampak pada tiga kecamatan di 25 desa. Meski banjir berangsur surut di sejumlah titik, kondisi permukiman yang belum layak dihuni membuat lebih dari 20.000 warga masih bertahan di posko pengungsian di Demak dan di Kudus. 

Banjir Demak

Banjir Demak Hari Ke 13

Banjir Demak Hari Ini

Pengungsi Banjir Demak

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Komentar

Baca Juga

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek