Anies: Bangun Kebudayaan di Seluruh Sektor Pembangunan - RRI

 

Anies: Bangun Kebudayaan di Seluruh Sektor Pembangunan

Oleh: Mandra
Editor: Rini Hairani
04 Feb 2024 - 20:40
Pusat Pemberitaan
Anies: Bangun Kebudayaan di Seluruh Sektor Pembangunan
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dalam debat kelima, Minggu (4/2/2024). (Foto: RRI)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan debat capres kelima, Minggu (4/2/2024). Adapun tema debat terakhir yakni Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menilai bahwa kebudayaan merupakan kekayaan Indonesia yang paling melekat. Sehingga ia mengusulkan agar seluruh kegiatan pembangunan bisa sinergi dengan unsur kebudayaan. 

"Jadi tujuan dari seluruh sektor pembangunan membangun kebudayaan. Karena itu, yang harus dikerjakan pemerintah adalah menciptakan sistem ekosistem yang sehat, sehingga budayawan bisa memunculkan ekspresinya," kata Anies. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mendorong nilai kebudayaan harus bisa dirawat oleh semua pihak. Jadi nilai kebudayaan bisa terus berkembang sesuai prinsip Indonesia emas pada 2045 mendatang. 

"Karena itu kami melihat perlu dibentuk, dan kami berencana, Kementerian Kebudayaan yang nantinya akan menjadi penyalur sumber daya dari negara. Ini untuk diberikan kepada kalangan budayawan agar mereka tumbuh berkembang membangun karya-karya kebudayaan yang luar biasa di Indonesia," ujarnya.

Kata Kunci:

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek