Debat Kelima, Anies Janji Sejahterakan Tenaga Pendidik - RRI

 Debat Kelima, Anies Janji Sejahterakan Tenaga Pendidik

Mandra

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan debat capres kelima, Minggu (4/2/2024). Adapun tema debat terakhir yakni Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengatakan bahwa pendidik menjadi kunci untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Ia berjanji akan meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik bila terpilih menjadi presiden. 

"Karena itu, kita harus bertanggungjawab dengan penuh atas kesejahteraan pendidiknya, agar dia bisa konsentrasi mendidik anak-anak kita. Prinsip itu harus dipegang oleh seluruh penanggungjawab kebijakan di seluruh Indonesia," kata Anies. 

"Kalau kita punya pegangan itu, maka terjemahannya mudah. Terjemahannya atas pertanyaan, apakah tenaga pendidikan pendidik di tempat anda bertanggungjawab sudah mendapatkan penghasilan yang adil, penghasilan yang setara," ujarnya menambahkan. 

Lebih lanjut Anies mengungkapkan masih ada puluhan ribu guru honorer yang belum diangkat menjadi guru PPPK. Lalu ada 1,6 juta guru belum tersertifikasi akibat beban administrasi. 

"Jadi program yang menurut saya harus dikerjakan percepatan sertifikasi guru, pengangkatan 700 ribu guru honorer menjadi guru PPPK, beasiswa untuk anak guru dan anak dosen serta anak tenaga pendidikan. Jangan sampai mereka mendidik ratusan anak, tapi anaknya tidak pernah bisa menyelesaikan pendidikan sampai tuntas," ujarnya. 

Kemudian Anies mengusulkan adanya penghargaan dan tunjangan bagi dosen dan peneliti yang berbasis pada kinerja. Sebab selama ini para peneliti merasa terbebani soal administrasi. 

"Dosen beban administrasinya luar biasa besar. Dosen itu mengajar, meneliti, dan pengabdian masyarakat, tapi jangan diberikan beban administrasi yang terlalu besar," ucapnya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek