BPBD Catat 16 Rumah di Kabupaten Bandung Rusak Akibat Angin Puting Beliung - Beritasatu

 

BPBD Catat 16 Rumah di Kabupaten Bandung Rusak Akibat Angin Puting Beliung

Minggu, 25 Februari 2024 | 16:13 WIB
A
IC
Sebuah rumah mengalami kerusakan pada bagian atap usai diterjang angin puting beliung di Kampung Citawa, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Minggu, 25 Februari 2024.
Sebuah rumah mengalami kerusakan pada bagian atap usai diterjang angin puting beliung di Kampung Citawa, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Minggu, 25 Februari 2024. (Antara/Antara)

Bandung, Beritasatu.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat 16 rumah mengalami kerusakan akibat bencana angin puting beliung yang melanda Kabupaten Bandung pada Sabtu (24/2/2024) sore.

ADVERTISEMENT

Humas BPBD Jawa Barat, Hadi Rahmat, menyatakan bahwa angin puting beliung terjadi di Kampung Citawa, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, mengakibatkan 16 keluarga atau sebanyak 56 jiwa terdampak oleh peristiwa ini.

"Hingga saat ini, kami mencatat bahwa ada 16 rumah yang terdampak oleh angin puting beliung kemarin," ujar Hadi saat dihubungi di Bandung pada Minggu (25/2/2024) dikutip dari Antara.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

Hadi menjelaskan bahwa saat ini tim dari BPBD Jawa Barat dan Kabupaten Bandung, dengan bantuan petugas TNI/Polri, sedang berusaha memperbaiki atap rumah warga yang rusak. Selain itu, mereka juga sedang membersihkan material yang terbang akibat angin puting beliung.

"BPBD juga masih melakukan pendataan atau validasi terhadap rumah-rumah warga yang terdampak bencana dan tidak menutup kemungkinan jumlah rumah yang rusak akan bertambah," kata Hadi.

Meskipun tidak ada korban jiwa, Hadi mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada karena bencana serupa berpotensi terjadi lagi, terutama menjelang puncak musim hujan yang biasanya terjadi pada Maret.

BACA JUGA

"Kami berharap agar masyarakat tetap tenang dan waspada menghadapi potensi musim hujan ini. Apabila terdapat potensi awan hitam, sebaiknya mereka menjauh minimal ke tempat yang lebih aman, seperti bangunan permanen," ujarnya.

Sebelumnya, pada Rabu (21/2/2024), terjadi bencana angin puting beliung dengan kecepatan angin mencapai 36,8 kilometer per jam yang melanda lima kecamatan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang.

Wilayah yang terdampak di Kabupaten Bandung meliputi Kecamatan Rancaekek, Cicalengka, dan Cileunyi. Sementara di Kabupaten Sumedang terdapat di Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung. Berdasarkan data yang diperoleh dari BPBD Jawa Barat, total 1.191 rumah mengalami kerusakan dan 1.228 kepala keluarga terdampak akibat peristiwa tersebut.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek