Ditargetkan Selesai Juli 2024, Pembangunan Hunian ASN di IKN Dipercepat - BeritaSatu

 Ditargetkan Selesai Juli 2024, Pembangunan Hunian ASN di IKN Dipercepat

BeritaSatu.com

Balikpapan, Beritasatu.com - Jelang pemindahan 6.000 orang aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), pemerintah melalui Otorita IKN memastikan progres pembangunan infrastruktur dasar di IKN telah mencapai 74,87%. Pemerintah melalui Kementerian PUPR terus berusaha mempercepat progres pembangunan 47 tower hunian ASN dan rumah tapak menteri yang ditargetkan rampung pada Juli 2024 mendatang.

ADVERTISEMENT

Menurut Menteri PAN dan RB Abdullah Azwar Anas pada tahap awal, setidaknya 6.000 ASN akan dipindahkan dan bertugas di wilayah IKN.

Badan Otorita IKN, melalui Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan, Thomas Umbu Patitena, menyatakan pembangunan di infrastruktur dasar di IKN terus berjalan dan terus dipantau untuk mencapai target pembangunan sesuai dengan rencana induk yang telah disusun oleh pemerintah.

“Hari ini progres pembangunan Ibu Kota Nusantara sampai posisi hari ini sudah hampir 75%. Artinya kami mengejar target sesuai dengan rencana induk dan perincian rencana induk dalam program kegiatan,” ungkap Thomas saat ditemui Beritasatu.com di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (27/2/2024) pagi.

Thomas menekankan fokus Badan Otorita IKN masih terus mengawal progres pembangunan infrastruktur dasar di wilayah IKN, termasuk pembangunan gedung, kantor pemerintahan, serta hunian rumah tapak menteri dan ASN. Terkait rencana pemindahan 6.000 ASN ke IKN, Badan Otorita IKN masih menunggu pengumuman resmi dari presiden melalui surat keputusan presiden (keppres).

“Kita menunggu pemindahan akan diumumkan oleh Bapak Presiden melalui keppres. Tugas kami adalah mempersiapkan seluruh infrastruktur, baik dasar, listrik, air, telekomunikasi, gas, kantor-kantor pemerintahan, dan hunian bagi ASN,” jelasnya.

Pemerintah, melalui Kementerian PUPR, terus berupaya mempercepat progres pembangunan 47 tower hunian bagi para ASN, termasuk hunian rumah tapak Menteri, yang diharapkan selesai pada Juli hingga Agustus 2024.

“Target 47 tower yang kami siapkan terus kita genjot. Kami kejar target sampai dengan bulan Juli-Agustus. Mudah-mudahan kita lihat perkembangannya seperti apa, nanti teman-teman PUPR bisa menjawab hal itu karena mereka sedang mengejar target itu,” tambahnya.

Sebelumnya, Menpan RB Abdullah Azar Anas memastikan bahwa 6.000 aparatur sipil negara (ASN) akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024. Jumlah ini merupakan target Kementerian PAN dan RB yang mencapai 9.000 ASN untuk pemindahan tahap awal.

Meski demikian, Azwar mengakui bahwa pencapaian target tersebut sangat bergantung pada kesiapan fasilitas dan sarana pendukung di wilayah IKN.

IKN

Nusantara

Ibu Kota Nusantara

ASN

Aparatur Sipil Negara

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek