​Ganjar Minta Birokrat Fasilitasi Pelaku Seni - RRI

​Ganjar Minta Birokrat Fasilitasi Pelaku Seni

Oleh: Dedi Hidayat
Editor: Cecep Jaiddin
04 Feb 2024 - 22:00
Pusat Pemberitaan
​Ganjar Minta Birokrat Fasilitasi Pelaku Seni
Capres 03 Ganjar Pranowo saat berdebat soal budaya dengan Capres 02 Prabowo Subianto (kiri) di acara debat kelima capres-cawapres Pilpres 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024) (Foto: RRINET)

KBRN, Jakarta: Capres 03 Ganjar Pranowo menegaskan, para birokrat pemerintahan harus mau memberikan fasilitas kepada pelaku seni. Pernyataan tegas Ganjar itu, merespon dugaan adanya benturan antara budaya dan birokrasi pemerintah.

"Birokrat cukup fasilitasi saja dan para pelaku seni, budayawan dia lah yang mengerjakan. Maka budaya akan tumbuh dan pemerintah akan bisa melihat bagaimana proses kreatif itu berjalan," kata Ganjar saat melakukan debat kelima capres-cawapres Pilpres 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Ganjar mengatakan, pelaku seni harus mendapatkan hak yang sama dalam mendapatkan fasilitas. Ganjar menyadari, pelaku seni seperti penyanyi, seniman teater, hingga penulis buku perlu mendapatkan perlindungan.

"Mereka perlu dilindungi, berikan itu kepada mereka agar mereka bisa mengurus sendiri. Kalau lah mereka kemudian berekspresi, pemerintah gak perlu takut," ucap Ganjar.

Oleh sebab itu, Ganjar mencontohkan, pemerintah tidak perlu mengkhawatirkan teater yang dibuat oleh seniman Butet Kartaredjasa. Terlebih, pemerintah pada dasarnya harus dikritik, jika ada sesuatu yang kurang.

"Pemerintah mesti dikritik, pemerintah mesti waras, pemerintah mesti dalam track. Biarkan mereka mengekspresikan dengan dengan seninya dengan karakternya, dengan budayanya," ujar Ganjar.

Kata Kunci:

Baca Juga

Komentar