Irak Kecam Serangan AS di Wilayahnya: Pelanggaran Kedaulatan! - detik

 

Irak Kecam Serangan AS di Wilayahnya: Pelanggaran Kedaulatan!

By Novi Christiastuti
detikcom
February 2, 2024
Ilustrasi -- Pesawat pengebom jarak jauh B-1 milik AS yang dilibatkan dalam serangan terhadap target Iran di Irak
Ilustrasi -- Pesawat pengebom jarak jauh B-1 milik AS yang dilibatkan dalam serangan terhadap target Iran di Irak
Baghdad -

Irak melontarkan kecaman terhadap rentetan serangan udara Amerika Serikat (AS) pada target-target terkait Iran di wilayahnya. Baghdad menyebut serangan itu melanggar kedaulatannya, meskipun Washington mengungkapkan pihaknya telah memberitahu Irak sebelum serangan itu dilaksanakan.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (3/2/2024), militer AS melancarkan serangan terhadap lebih dari 85 target terkait Pasukan Quds pada Garda Revolusi Iran dan kelompok-kelompok milisi yang berafiliasi dengan Teheran di wilayah Irak dan Suriah.

Komando Pusat AS atau CENTCOM mengungkapkan bahwa target-target serangannya mencakup pusat komando dan kendali serta intelijen, kemudian gudang senjata yang digunakan Pasukan Quds dan milisi pro-Iran, lalu tempat penyimpanan roket, rudal dan drone, serta fasilitas rantai pasokan logistik dan amunisi.

Menurut seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya, sebanyak 85 target yang digempur AS itu berada di sedikitnya tujuh lokasi berbeda, dengan tiga lokasi di wilayah Irak dan empat lokasi di wilayah Suriah.

Juru bicara Perdana Menteri (PM) Irak Shia al-Sudani, Jenderal Yehia Rasool, dalam pernyataannya menyebut serangan-serangan AS di wilayah itu sebagai "pelanggaran kedaulatan Irak".

Rasool juga memperingatkan bahwa serangan AS itu bisa memicu "konsekuensi bencana bagi keamanan dan stabilitas Irak dan kawasan".

Dalam pernyataan terpisah, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih AS John Kirby menyatakan kepada wartawan bahwa Washington telah memberitahu pemerintah Irak sebelum serangan dilancarkan pada Jumat (2/2) waktu setempat.

"Kami telah memberitahu pemerintah Irak sebelum serangan tersebut," ucap Kirby dalam pernyataannya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: AS: Kami Tak Ingin Perang dengan Iran

Namun dia tidak menguraikan respons Baghdad atas informasi dari Washington tersebut.

Kirby, dalam pernyataannya, menyebut serangan-serangan AS itu berlangsung selama 30 menit dan tampaknya berhasil mengenai target-target yang ditentukan.

Rentetan serangan udara AS di Irak dan Suriah itu dimaksudkan untuk merespons serangan drone yang menewaskan tiga tentaranya dan melukai puluhan orang lainnya di pangkalan Yordania pada akhir pekan lalu. Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden memperingatkan bahwa respons militer AS masih akan berlanjut.

"Respons kami dimulai hari ini. Ini akan berlanjut pada waktu dan tempat yang kami pilih," ucap Biden dalam pernyataannya.

"Amerika Serikat tidak menginginkan konflik di Timur Tengah atau di mana pun di dunia ini. Namun, biarlah semua orang yang ingin membahayakan kami mengetahui hal ini: Jika Anda membahayakan warga Amerika, kami akan meresponsnya," tegasnya.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek