Kelelahan Menjadi KPPS, Wanita di Pangkalpinang Rasakan Sakit di Sekujur Tubuh - BeritaSatu

 Kelelahan Menjadi KPPS, Wanita di Pangkalpinang Rasakan Sakit di Sekujur Tubuh

BeritaSatu.com

Pangkalpinang. Beritasatu.com - Seorang anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Kota Pangkalpinang,  Provinsi Bangka Belitung, bernama Neng Sinta merasakan sakit di sekujur tubuh, setelah bertugas lebih dari 24 jam pada Pemilu 2024.

ADVERTISEMENT

Diagnosis sementara anggota KPPS tersebut mengalami autoimun dan dirujuk ke RSCM Jakarta untuk tindakan lebih lanjut.

"Jadi seusai bekerja menjadi KPPS, dia mulai lemas tubuhnya. Kakinya terasa pegal dan mulai merasakan sakit," kata Rustamsyah, suami Neng Sinta, Senin (26/2/2024).

Rustamsyah mengatakan istrinya itu  sudah dua  pekan terbaring lemas, seusai menjalankan tugas sebagai anggota KPPS di TPS  26 Kelurahan Tuatunu Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada 14 Februari lalu.

Ia menjelaskan untuk duduk di atas kasur saja wanita berusia 30 tahun ini harus dibantu,  lantaran merasakan sakit di sekujur tubuhnya serta nyeri di persendian.

Baca Juga: KPU DKI Pastikan BPJS Kesehatan Tanggung Biaya Perawatan KPPS

"Sempat dibawa ke puskesmas, tetapi di rujuk ke Rumah Sakit Bakti Timah (RSBT). Dokter belum memastikan sakitnya apa. Karena keterbatasan fasilitas maka dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM," katanya.

Rustamsyah juga menegaskan sebelumnya istrinya tersebut tidak mengidap penyakit apa pun. Menurutnya murni akibat kelelahan karena proses penghitungan suara baru selesai pagi.

“Saat ini masih rawat jalan, mulai kerja jam 7 pagi pulangnya jam 8 pagi. Saat malam Jumat (16/2/2024) sudah mulai terasa sakit. Sebelumnya enggak ada sakit,” ungkapnya lagi.

Baca Juga: Pengebom Rumah Ketua KPPS di Madura Diringkus Polisi

Sementara itu anggota KPU Kota Pangkalpinang, Margarita mengatakan, lembaga pemilihan umum itu akan bertanggung jawab dan akan memberikan santunan kepada korban

“Menurut diagnosis dokter yang di Rumah Sakit Timah, itu atuoimun atau suatu penyakit ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat. Besarnya santunan ini tergantung kategori sakitnya,” ujarnya.

Sedikitnya, enam orang anggota KPPS di Pangkalpinang dilaporkan mengalami sakit seusai bertugas di Pemilu 2024, dengan keluhan demam hingga kecelakaan.

Anggota KPPS Sakit

Anggota KPPS di Pemilu 2024 Sakit

Anggota KPPS Pangkalpinang Sakit

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek