Kemenkes: Pentingnya Edukasi Tenaga Kesehatan di Posyandu - BeritaSatu

 

Kemenkes: Pentingnya Edukasi Tenaga Kesehatan di Posyandu

Kamis, 29 Februari 2024 | 07:10 WIB
A
NF
Ilustrasi tenaga kesehatan
Ilustrasi tenaga kesehatan (Freepik/Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Gizi Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan (Kemenkes), M Fauzi mengatasi, pentingnya edukasi kepada kader kesehatan terkait dengan pelayanan kesehatan dan cara berkomunikasi yang efektif dengan masyarakat. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya datang ke Posyandu untuk memberikan imunisasi kepada anak.

ADVERTISEMENT

Ia menjelaskan, komunikasi yang baik dan informasi yang jelas dapat membantu mengatasi ketidakpahaman orang tua terhadap pentingnya imunisasi untuk kesehatan anak mereka.

BACA JUGA

“Kebiasaan tenaga kesehatan yang buruk di masyarakat harus mulai pendekatan yang lebih baik, memberikan pujian, tidak judgment, pelatihan materi bagaimana kader berkomunikasi dengan masyarakat,” ucap Fauzi seperti dilansir dari Antara.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut, kurangnya komunikasi yang baik atau perilaku kerap mengucilkan dari tenaga kesehatan di Posyandu menjadi perhatian penting. 

Fauzi menegaskan, keterlibatan dan kepedulian yang empatik dari tenaga kesehatan sangatlah vital untuk membangun hubungan yang baik dengan ibu dan anak. Selain itu untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam program kesehatan, seperti pemantauan tumbuh kembang di Posyandu. 

BACA JUGA

Menurutnya, pelatihan tambahan bagi tenaga kesehatan dalam memperbaiki komunikasi yang sensitif, dan membangun hubungan yang baik dengan masyarakat dapat membantu mengatasi masalah tersebut dan meningkatkan aksesibilitas serta efektivitas layanan kesehatan di Posyandu.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek