Komandan Korps Garda Revolusi Iran kepada Amerika Serikat: Kami Tidak Takut Perang - Tempo

 

Komandan Korps Garda Revolusi Iran kepada Amerika Serikat: Kami Tidak Takut Perang

Reporter

Kamis, 1 Februari 2024 07:00 WIB

  • Bagikan



Anggota Garda Revolusi Iran berbaris selama parade militer untuk memperingati perang Iran-Irak 1980-88 di Teheran 22 September 2007.[REUTERS / Morteza Nikoubazl]
Iklan

TEMPO.COJakarta - Komandan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) Hossein Salami mengingatkan Amerika Serikat bahwa tidak ada ancaman terhadap Iran yang dibiarkan. Saat berpidato di konferensi pada Rabu, 31 Januari 2024, Salami mengabaikan retorika ancaman para pejabat Amerika terhadap Iran.

Iklan

 
Ia menujukan pidatonya kepada musuh-musuhnya, termasuk pihak berwenang Amerika Serikat yang telah mengeluarkan ancaman terhadap Iran dalam beberapa hari terakhir. 

Baca Juga:

 
“Kami mendengar ancaman datang dari para pejabat Amerika. Kami memberi tahu mereka bahwa Anda telah menguji kami. Kesamaan yang kami dan Anda (Iran dan Amerika Serikat) miliki adalah kami saling mengenal,” ujarnya, dikutip dari kantor berita Tasnim . 

 
“Kami tidak akan membiarkan ancaman apa pun tidak terjawab. Kami tidak ingin perang, tapi kami juga tidak takut perang. Ini adalah fakta yang berlaku di masyarakat kita,” kata komandan IRGC tersebut.

 
Pidato itu datang saat Amerika Serikat tengah mempersiapkan tanggapannya terhadap pembunuhan tentara Amerika yang diduga dilakukan militan yang berpihak pada Iran. 

Baca Juga:

 
Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan pada Selasa, 30 Januari 2024, pihaknya telah memutuskan bagaimana menanggapi serangan pesawat tak berawak yang menewaskan tiga anggota militer Amerika Serikat di Yordania pada Sabtu, namun ia tidak memerinci lebih lanjut rencananya.

 
Media pemerintah juga mengutip Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, yang mengatakan pada rapat kabinet: “AS harus menghentikan ancamannya dan fokus pada solusi politik.”

 
Pasukan Amerika Serikat yang berbasis di Suriah, Irak dan di lautan telah terlibat dalam serangan berbalas dengan kelompok bersenjata pro-Iran sejak Israel melancarkan serangan terhadap Hamas di Gaza. Pembombardiran Israel dilakukan setelah kelompok Palestina itu menyerang Israel pada 7 Oktober.

 
Perjuangan bangsa Palestina menuju kemerdekaan juga dibahas oleh Salami dalam pidatonya. Dia mengatakan Israel pasti akan kalah dalam serangan gencarnya terhadap Gaza.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

REUTERS | TASNIM NEWS AGENCY

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini

Berita Selanjutnya

LAPORAN UTAMA

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

Irak Kutuk Serangan AS sebagai Pelanggaran Kedaulatan

2 jam lalu

Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani berbicara selama wawancara dengan Reuters di Bagdad, Irak 9 Januari 2024. REUTERS/Thaier Al-Sudani

Perdana Menteri Mohamed Shia Al-Sudani melalui juru bicaranya mengatakan bahwa serangan AS itu sebagai "pelanggaran kedaulatan Irak,"

AS Serang Suriah dan Irak, Balas Kematian Tiga Prajurit di Yordania

4 jam lalu

Miiter Amerika Serikat melancarkan serangan udara rudal presisi menggunakan jet tempur F-15 terhadap markas kelompok milisi Kataib Hizbullah dukungan Iran di Irak dan Suriah. NY Post

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan pasukannya melakukan serangan udara di Irak dan Suriah terhadap Pasukan Korps Quds Garda Revolusi Islam

Ardeshir Ghalehnoy: Duel Iran vs Jepang di Piala Asia 2023 seperti Laga Final

12 jam lalu

Para pemain Iran dan Palestina serta penonton di Education City Stadium mengheningkan cipta untuk para korban konflik Gaza sebelum pertandingan Piala Asia 2023. Twitter @afcasiancup.

Pertandingan Iran vs Jepang akan tersaji pada babak perempat final Piala Asia 2023 di Education City Stadium pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Piala Asia 2023: Hadapi Iran, Bek Timnas Jepang Hidemasa Morita Punya Target Tidak Kebobolan

13 jam lalu

Hidemasa Morita dari Jepang terlihat murung usai pertandingan Sepak Bola  Piala Dunia 2022 melawan Kosta Rika di Stadion Ahmad Bin Ali, Al Rayyan, Qatar 27 November 2022. REUTERS/Marko Djurica

Bek Timnas Jepang Hidemasa Morita heran tim Samurai Biru selalu kebobolan dalam empat pertandingan Piala Asia 2023.

Israel Siap Lanjutkan Perang di Gaza

18 jam lalu

Orang-orang menguburkan warga Palestina, termasuk mereka yang tewas dalam serangan dan tembakan Israel, setelah jenazah mereka dibebaskan oleh Israel, di kuburan massal di Rafah, di Jalur Gaza selatan, 30 Januari 2024. REUTERS/Mohammed Salem

Israel telah mempersiapkan perang lanjutan di Gaza yang akan mengarah lebih jauh ke selatan.

Presiden AS Juga Kampanyekan Jagoannya, Apa Bedanya dengan Jokowi?

1 hari lalu

Presiden Joko Widodo makan siang bersama calon presiden Ganjar Pranowo (kiri), Anies Baswedan (kanan), dan Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta, Senin 30 Oktober 2023. TEMPO/Subekti.

Seperti Jokowi, sejumlah presiden Amerika Serikat juga memihak dan ikut kampanye capres, bedanya mereka mendukung kandidat separtainya.

Beijing Minta Ukraina Hapus Nama Perusahaan Cina dari Daftar Hitam

1 hari lalu

Pesawat Antonov An-2 yang hancur di kompleks bandara internasional setelah Rusia mundur dari Kherson, di Chornobaivka, di luar Kherson, Ukraina 16 November 2022. Penarikan pasukan tersebut menandai mundurnya perang besar Rusia yang ketiga dan yang pertama melibatkan penyerahan kota besar yang diduduki. REUTERS/Valentyn Ogirenko

Cina menuntut Ukraina agar menghapus sebuah daftar yang memuat nama-nama perusahaan asal Cina yang dianggap sebagai sponsor perang internasional

Amerika Serikat Terbitkan Sanksi ke Warga Israel yang Lakukan Kekerasan di Tepi Barat

1 hari lalu

Warga Palestina berdiri di depan pintu masuk kamp pengungsi Jenin yang hancur, menyusul serangan Israel di Jenin, di Tepi Barat yang diduduki Israel 30 Oktober 2023. REUTERS/Raneen Sawafta

Empat laki-laki warga negara Israel dijatuhi sanksi oleh Amerika Serikat karena diduga terlibat dalam kekerasan pemukiman di Tepi Barat.

Top 3 Dunia: Roy Morgan Rilis Survei Terbaru Pilpres RI 2024, Tahanan Palestina Dibunuh

1 hari lalu

Foto kombinasi gaya ketiga Calon Presiden (dari kiri) Anies baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saat tiba di lokasi debat keempat di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024. Debat keempat Cawapres mengangkat tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. TEMPO/M Taufan Rengganis

Top 3 dunia adalah hasil survei Roy Morgan soal hasil survey terbaru Prabowo, Ganjar, Anies hingga Israel membunuh tahanan Palestina.

Dua Wanita Berhijab Dilarang Masuk ke Kampanye Partai Demokrat

1 hari lalu

Ilustrasi wanita cantik berhijab. shutterstock.com

Partai Demokrat melarang masuk dua wanita berhijab ke acara kampanye yang dihadiri Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Baca Juga

Komentar