Menlu Retno di Forum Uni Eropa: Palestina Diperlakukan Tak Adil, Apa Kita Terus Diam? - inews

 Menlu Retno di Forum Uni Eropa: Palestina Diperlakukan Tak Adil, Apa Kita Terus Diam?

Anton Suhartono

Menlu Retno di Forum Uni Eropa: Palestina Diperlakukan Tak Adil, Apa Kita Terus Diam? Menlu Retno Marsudi mendesak Uni Eropa konsisten dalam menegakkan hukum internasional terkait serangan Israel ke Jalur Gaza, Palestina (Foto: Reuters)

BRUSSELS, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mendesak Uni Eropa konsisten dalam menegakkan hukum internasional terkait serangan Israel ke Jalur Gaza, Palestina. Dalam pidatonya di forum gabungan Uni Eropa-Indo Pasifik di Brussels, Belgia, Jumat (2/2/2024), Retno mengatakan Palestina terus mendapat perlakuan tidak adil selama 70 tahun.

“Rasa hormat yang juga harus diterapkan pada Palestina, terhadap Gaza,” kata Retno.

Baca Juga

Heboh Menlu Retno Marsudi Walk Out saat Dubes Israel Bicara di Sidang DK PBB

Dia menegaskan, ketidakadilan terhadap Palestina harus disikapi dengan tindakan, tak boleh hanya diam.

“Apakah kita akan terus diam? Tidak akan," ujarnya.

Baca Juga

Menlu Retno Ungkap Indonesia Siapkan Kapal Rumah Sakit untuk Rakyat Palestina

Retno juga menyerukan keberlanjutan tugas badan PBB untuk pengungsi Palestina UNRWA. Keberadaan UNRWA sangat dibutuhkan untuk mengoordinasikan bantuan terhadap para pengungsi Paletina yang jumlahnya jutaan orang.

“Sangat penting juga bahwa kita harus melanjutkan tugasnya (UNRWA)," kata Retno.

Baca Juga

Menlu Retno Marsudi: Israel Ubah Gaza Jadi Seperti Neraka 

Negara-negara Barat, di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Australia, Italia, menghentikan bantuan kepada UNRWA terkait tuduhan beberapa stafnya terlibat dalam serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober.

“Dengarkan hati Anda dan lakukan hal yang benar untuk menghentikan kekejaman di Gaza, di Palestina. UE dan kita semua, sebagai pendukung kuat penegakan hukum internasional, juga akan memiliki sikap yang konsisten terkait Gaza,” ujarnya.

Dia menekankan, ASEAN dan UE seharusnya berada di garis terdepan dalam menghormati nilai-nilai dan prinsip-prinsip hukum internasional.

“Konsistensi antara nilai-nilai dan tindakan mencerminkan ketulusan landasan moral kita hal tersebut menunjukkan siapa kita sebenarnya,” tuturnya.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell berterima kasih kepada Menlu Retno karena telah mengingatkan forum tersebut tentang konflik terbuka serta panggilan kemanusiaan.

“(Ada) Lebih banyak yang bisa dilakukan (untuk rakyat Palestina)," tuturnya.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar