Menpan RB Sebut ASN yang Pindah ke IKN Berkurang Jadi 6.000 - BeritaSatu

 Menpan RB Sebut ASN yang Pindah ke IKN Berkurang Jadi 6.000

BeritaSatu.com

Semarang, Beritasatu.com- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) berkurang menjadi 6.000 terlebih dahulu dari target awal 11.916 karena ketersediaan tempat yang belum memadai.

ADVERTISEMENT

"Totalnya tadinya yang pindah 11.916, tetapi karena bangunan di sana yang siap 6.000 maka nanti 6.000 dulu yang akan pindah," ujar Anas saat memberikan pemaparan dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2024-2025 di Semarang, Selasa (20/2/2024) dikutip Antara.

Anas menyebut, saat ini di IKN baru ada 47 tower apartemen dengan kapasitas satu tower 60 unit untuk ASN, TNI/Polri, eselon I dan lainnya.

Tak hanya pengurangan jumlah, waktu pemindahan ASN yang seharusnya Juli 2024 mundur menjadi setelah Agustus 2024 sesuai arahan Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno.

Anas beralasan, pengunduran waktu pindah ASN karena kawasan tersebut sebagian akan digunakan untuk upacara perayaan 17 Agustus. "Tadinya akan pindah Juli, tetapi kemarin atas arahan Mensetneg karena tempat itu sebagian masih akan dipakai untuk upacara, maka akan pindah setelah Agustus," katanya.

Anas menyebut pemindahan ASN akan dibagi menjadi tiga prioritas, yakni eselon I sebanyak 179 dari 38 kementerian/lembaga, termasuk Kementerian Perdagangan. Prioritas kedua, 91 eselon I dari 29 kementerian/lembaga dan ketiga sebanyak 378 eselon I dari 59 kementerian/lembaga.

"Total yang akan pindah eselon I sudah disiapkan tempat suami istri di tempat itu. Sambil menunggu tower yang jadi, sebagian nanti bisa sharing, sambil nanti kita punya tiga tahap jangka pendek, menengah, dan jangka panjang," kata Anas.

Konsep kantor kementerian dan lembaga di IKN tidak seperti di Jakarta. Para ASN akan bekerja efektif dengan basis elektronik sistem. "Kantornya nanti juga tidak seperti kantor kita sekarang, satu orang satu meja. Ke depan konsepnya sharing jadi sistem pemerintah berbasis elektronik sudah jalan, sistem kerjanya juga basisnya ke depan akan sangat efektif share office, share system, dan seterusnya," ucapnya.

ASN

IKN

ASN Pindah IKN

Azwar Anas

ASN IKN

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Ikuti Berita-Berita Ekonomi Terkini Hanya di IDTV

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek