Muhammadiyah Ingatkan Pemenang Pilpres 2024 Tak Jumawa, Kalah Harus Legowo - Inews

 Muhammadiyah Ingatkan Pemenang Pilpres 2024 Tak Jumawa, Kalah Harus Legowo

Achmad Al Fiqri

Muhammadiyah Ingatkan Pemenang Pilpres 2024 Tak Jumawa, Kalah Harus Legowo Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu`ti (foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id -  Muhammadiyah melalui Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, menyampaikan pesan penting kepada para kandidat dan seluruh elemen bangsa menjelang Pilpres 2024. Mu'ti mengingatkan agar pemenang tidak jumawa dan yang kalah harus legowo.

"Kami berharap yang menang ya jangan jumawa, yang kalah harus legowo dan tentu saja kita setelah Pemilu kembali bersatu," kata Mu’ti dalam keterangannya, Minggu (11/2/2024).

Baca Juga

Cak Imin Akan Doa Bersama di Masa Tenang Pemilu: Doakan yang Mau Curang Dapat Hidayah

Mu'ti menekankan pentingnya rekonsiliasi pasca Pilpres 2024. Rekonsiliasi ini diharapkan dapat menciptakan suasana kondusif dan menghindari polarisasi yang berkepanjangan.

"Saya kira akan bagus kalau misalnya ada proses-proses rekonsiliasi dan proses akomodasi. Sehingga setelah Pilpres nanti, tidak ada apa yang orang menyebut dengan the winners take all, yang menang akan mengambil semuanya dan yang kalah itu akan disingkirkan," tuturnya.

Baca Juga

Deklarasikan Pemilu Damai, Relawan Ganjar-Mahfud Turut Waspadai Kecurangan Pemilu

Mu'ti juga mengajak seluruh pihak untuk menerima hasil Pilpres dengan lapang dada. Hasil Pilpres merupakan perwujudan dari kedaulatan rakyat dan harus dihormati.

"Sebab hasil dari Pemilu merupakan perwujudan dari kedaulatan yang dimiliki oleh rakyat Indonesia untuk lima tahun ke depan," tuturnya.

Baca Juga

Jelang Masa Tenang Pemilu, Mahfud MD berpesan ke Masyarakat: Berkontemplasi untuk Pilih yang Terbaik

Pesan Mu'ti ini sejalan dengan komitmen Muhammadiyah untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Muhammadiyah selalu mengedepankan nilai-nilai demokrasi dan toleransi dalam setiap kontestasi politik.

Muhammadiyah juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menjaga kondusifitas selama masa kampanye dan pemungutan suara. Hindari provokasi dan ujaran kebencian yang dapat memicu perpecahan.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek