Puluhan Kota di AS Sahkan Resolusi Gencatan Senjata Israel-Hamas, Tekanan untuk Biden - Inews

 Puluhan Kota di AS Sahkan Resolusi Gencatan Senjata Israel-Hamas, Tekanan untuk Biden

Anton Suhartono

Puluhan Kota di AS Sahkan Resolusi Gencatan Senjata Israel-Hamas, Tekanan untuk Biden Sedikitnya 48 kota di AS mengeluarkan resolusi menyerukan gencatan senjata Israel-Hamas segera (Foto: Reuters) 

WASHINGTON, iNews.id - Sekitar 70 kota di AS mengeluarkan resolusi mengenai perang Israel-Gaza. Sebagian besar yakni 48 di antaranya menyerukan gencatan senjata segera. 

Seruan ini semakin memberikan tekanan kepada Presiden Joe Biden menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres AS) 2024 pada November mendatang. Isu konflik Israel-Palestina sangat menyita perhatian di AS.

Baca Juga

Hamas Siap Patuhi Putusan Mahkamah Internasional jika Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Setidaknya 48 kota mengeluarkan resolusi simbolik yang menyerukan penghentian serangan Israel ke Gaza segera. Enam kota lainnya mengeluarkan resolusi yang menyerukan perdamaian secara lebih luas.  Sementara itu setidaknya 20 kota mengeluarkan resolusi yang mengecam serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober.

Sebagian besar resolusi gencatan senjata disetujui di negara bagian yang dikuasai Partai Demokrat, termasuk California. Sementara 14 resolusi disetujui di negara bagian yang pemilihnya masih bisa berubah, seperti Michigan. 

Baca Juga

Hamas Pelajari Proposal Baru Gencatan Senjata yang Disepakati Israel di Paris

Jika Biden berhasil memenuhi keinginan warga di 14 negara bagian tersebut, bukan tak mungkin Demokrat bisa memenangkannya atas Partai Republik yang kemungkinan besar mengusung Donald Trump lagi.

Namun pemerintahan Biden menolak seruan gencatan senjata dengan alasan penghentian serangan Israel akan membuat Hamas semakin berani. Resolusi yang dikeluarkan kota-kota tersebut memang tidak memiliki kekuatan untuk mengubah kebijakan nasional.

Baca Juga

Israel Tawarkan Gencatan Senjata 2 Bulan di Gaza, Begini Komentar Hamas

Gabriela Santiago-Romero, anggota dewan Detroit yang mengesahkan resolusi gencatan senjata di Michigan pada November lalu, mengatakan hasil ini mencerminkan rasa frustrasi, terutama di kalangan muda dan kulit berwarna, terhadap Biden serta para pemimpin Partai Demokrat lainnya.

“Kami menginginkan kepemimpinan yang mau mendengarkan kami,” kata Santiago-Romero, dikutip dari Reuters.

Baca Juga

Menlu Tegaskan Resolusi DK PBB Tak Cukup Hentikan Kekerasan di Gaza: Perlu Gencatan Senjata

Partai Demokrat, lanjut dia, harus mendengarkan suara generasi muda, mendukung keberagaman, mendukung warga yang memiliki nilai-nilai yang selaras, serta benar-benar mendengarkan konstituen.

Chicago menjadi kota terbesar yang menyerukan gencatan senjata dalam pemungutan suara yang ketat. Wali Kota Chicago Brandon Johnson menjadi penentu kemenangan setelah perolehan suara sempat imbang 23 melawan 23 untuk meloloskan resolusi tersebut.

Mengomentari hasil resolusi, Gedung Putih menyatakan sudah berusaha menekan Israel untuk menghindari jatuhnya korban sipil di Gaza.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar