Satgas Pangan Polri Pastikan Ketersediaan Beras Masih Cukup - Beritasatu

 

Satgas Pangan Polri Pastikan Ketersediaan Beras Masih Cukup

Kamis, 15 Februari 2024 | 16:32 WIB
SW
JS
Satgas Pangan Polri terus melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap pendistribusian produksi beras.
Satgas Pangan Polri terus melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap pendistribusian produksi beras. (Istimewa/Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Satgas Pangan Polri terus melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap pendistribusian produksi beras di berbagai daerah. Saat ini, kondisi ketersediaan beras masih aman dan cukup. 

ADVERTISEMENT

“Hingga saat ini kondisi ketersediaan beras di daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB, NTT, Maluku dan Papua masih aman," kata Kepala Tim Satgas (Kasatgas) Pangan Polri, Brigjen Whisnu Hermawan saat dikonfirmasi, Kamis (15/2/2024).

Menurut Whisnu, hambatan yang ditemukan di lapangan yaitu terjadi gagal panen akibat dari cuaca di beberapa daerah. Akan tetapi kondisi ketersediaan beras saat ini masih aman meskipun harganya mengalami perbedaan sesuai harga eceran tertinggi (HET).  

Meski demikian, Satgas Pangan Polri memastikan stok atau ketersediaan beras masih mencukupi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. 

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut Whisnu menjelaskan, Satgas Pangan Polri dan jajarannya terus melakukan pengawasan dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan beras. 

Menurutnya, Satgas Pangan melakukan target pengawasan yaitu daerah-daerah yang menjadi sentra produksi beras. Sebab beberapa daerah memiliki perbedaan karakteristik dalam teknis pendistribusiannya. 

“Selain itu, juga dilakukan pengawasan terhadap jalur-jalur pendistribusiannya, sehingga diharapkan tidak ada daerah yang ketersediaannya berasnya kurang,” ucapnya. 

BACA JUGA

Selanjutnya, Whisnu mengatakan untuk tempat penggilingan beras, gudang-gudang penyimpanan, toko retail modern dan pasar tradisional terus dimonitor agar dapat mengetahui kondisi yang aktual bila ditemukan hambatan.

Adapun kegiatan monitoring ketersediaan dan harga beras di daerah dikendalikan langsung oleh masing-masing direktur reserse kriminal khusus polda di satuan wilayah dan nantinya dilaporkan ke Satgas Pangan Bareskrim.

“Tentunya, kerja sama dengan Dinas Provinsi terkait yang bertujuan memastikan kondisi di lapangan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan stok beras nasional melimpah. Hal ini diungkapkannya seusai meninjau Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (15/2/2024) siang.

"Saya datang di Pasar Induk Beras Cipinang ini untuk memastikan bahwa stoknya ada, karena dari sini didistribusikan ke ritel, ke supermarket, ke daerah, dari Pasar Induk Cipinang. Hingga saya ingin pastikan beras yang ada di sini tersedia, jumlahnya cukup dan saya melihat melimpah," ujar Jokowi kepada wartawan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek