Sebelum Ricuh, Ustaz Syafiq Basalamah Sudah 5 Kali Ceramah di Masjid Assalam Purimas Surabaya - BeritaSatu

 Sebelum Ricuh, Ustaz Syafiq Basalamah Sudah 5 Kali Ceramah di Masjid Assalam Purimas Surabaya

BeritaSatu.com

Surabaya, Beritasatu.com - Kehadiran Ustaz Riza Syafiq Basalamah sebagai penceramah dalam tabligh akbar di Masjid Assalam Purimas Gunung Anyar, Surabaya, pada Kamis (22/2/2024) malam ternyata bukan pertama kalinya. Ketua Dewan Pimpinan Yayasan Masjid Assalam Purimas, Ibnu Arly mengungkapkan itu merupakan kali ke-6 Ustaz Syafiq Hasan Basalamah mengisi pengajian di masjid tersebut.

ADVERTISEMENT

"Sejak kali pertama hingga yang kemarin, (ini merupakan) yang keenam kalinya," ujar Ibnu Arly kepada Beritasatu.com di sekitar Masjid Assalam pada Jumat (23/2/2024).

Ia juga menyatakan kericuhan pada Kamis malam tidak pernah terjadi pada pengajian-pengajian sebelumnya yang diisi oleh Ustaz Syafiq Hasan Basalamah. Selama lima kali kehadirannya sebelumnya, tidak ada gejolak dari masyarakat setempat.

Ibnu Arly menjelaskan pertama kalinya Ustaz Syafiq Hasan Basalamah mengisi pengajian di Masjid Assalam pada sekitar tahun 2017.

"Seingat saya pada 2017 beliau pertama kali mengisi pengajian di sini. Setelah itu, beliau hadir beruntun, sampai sebanyak lima kali," ujarnya.

Terhadap tuduhan bahwa pengajian tersebut terafiliasi dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), organisasi yang dilarang pemerintah, Ibnu menyerahkan penilaian tersebut kepada masyarakat. Ia meminta agar ditunjukkan bagian mana dari Ustaz Syafiq yang terafiliasi dengan HTI.

"Kami selektif dalam undangan, mengundang penceramah dari berbagai golongan seperti NU, Muhammadiyah, dan salafi. Kami serahkan kepada masyarakat untuk menilai. Kami minta ditunjukkan di mana Ustaz Syafiq terafiliasi dengan HTI," tegas Ibnu.

Koordinator Keamanan Masjid, Danang Adityo Nugroho, menekankan pihaknya selalu berusaha mendapatkan izin yang diperlukan setiap mengadakan acara, termasuk saat mendatangkan Ustaz Syafiq. Ia menjelaskan koordinasi telah dilakukan dengan kepolisian, TNI, dan tokoh masyarakat setempat.

"Kita selalu melengkapi izin acara, baik itu dari kepolisian maupun TNI dan tokoh masyarakat," ungkap Danang Adityo Nugroho.

Diberitakan sebelumnya, tabligh akbar yang dihadiri oleh Ustaz Riza Syafiq Hasan Basalamah di Masjid Assalam Purimas Kota Gunung Anyar Surabaya pada Kamis (22/2/2024) malam mengalami penolakan dari massa GP Ansor. Hal ini berujung pada kericuhan dan bentrokan antara massa GP Ansor dan jemaah, sehingga acara dibatalkan.

Syafiq Riza Basalamah

Pengajian Syafiq Riza Basalamah

Pengajian Syafiq Riza Basalamah Ricuh

GP Ansor

Pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah Dibatalkan

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Baca Juga

Komentar