TNI/Polri Matangkan Kesiapan Pemilu 2024 dan Antisipasi Gangguan Keamanan di Papua - BeritaSatu

 TNI/Polri Matangkan Kesiapan Pemilu 2024 dan Antisipasi Gangguan Keamanan di Papua

BeritaSatu.com

Timika, Beritasatu.com – Aparat keamanan dikerahkan untuk mengawal distribusi logistik pemilu dan mengantisipasi gangguan keamanan selama pelaksanaan Pemilu 2024 di Papua.

ADVERTISEMENT

Polda Papua menyiapkan 8.617 personel untuk mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) dan 10.879 personel TNI disiagakan membantu kepolisian apabila terjadi gangguan keamanan.

Di Kota Jayapura ada sebanyak 460 personel kepolisian mengamankan 940 TPS. Polresta Jayapura Kota harus menyiapkan strategi pengamanan mengingat jumlah TPS lebih banyak dari personel yang ditugaskan.

“Masing-masing TPS sudah ada komposisinya dan personel juga sudah dipetakan untuk TPS aman, rawan dan sangat rawan," kata Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor D Mackbon, Minggu (11/2/2024).

Sebelumnya pada Sabtu (10/2/2024), Polres Yahukimo bersama TNI unjuk kekuatan (show of force), guna memastikan kesiapan pengamanan menjelang hari pencoblosan.

Kapolres Yahukimo, AKBP Heru Hidayanto, mengatakan kegiatan ini dilakukan agar masyarakat merasa aman ketika menyaksikan kesiapan TNI dan Polri untuk melakukan pengamanan pemilu.

“Ini juga untuk mengetahui kesiapan kendaraan yang akan digunakan untuk melaksanakan pengamanan Pemilu 2024,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (11/2/2024).

Sementara itu, di Mimika aparat kepolisian sudah mulai bergeser mengawal distribusi logistik pemilu ke wilayah pedalaman dan pesisir sejak Sabtu (10/2/2024). Sebanyak 928 personel Polres Mimika telah disiapkan mengamankan 1.006 TPS di wilayah itu.

Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra mengatakan, personel kepolisian telah dibagi untuk mengawal logistik pemilu sampai ke masing-masing TPS di wilayah pedalaman dan pesisir. Mereka melakukan pengamanan hingga selesai pencoblosan dan logistik ditarik kembali.

“Kami kawal betul dan kami harap semua logistik pemilu ini bisa terdistribusi tepat waktu. Meskipun akses ke sejumlah TPS cukup berat, seperti ke wilayah pedalaman yang harus memakai pesawat terbang atau helikopter,” kata Putra.

Pemilu 2024

Pemilu 2024 di Papua

Pengamanan Pemilu 2024 di Papua

Polda Papua

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Baca Juga

Komentar