Bidan Jadi Kunci Penurunan Stunting Jadi 21,6 Persen - BeritaSatu

 Bidan Jadi Kunci Penurunan Stunting Jadi 21,6 Persen

BeritaSatu.com

Jakarta, Beritasatu.com - Peran bidan menjadi kunci utama dalam usaha pemerintah untuk mengurangi angka stunting atau kekurangan gizi pada anak-anak di Indonesia. Pada 2022, angka stunting balita mencapai 21,6%, mengalami penurunan sebesar 2,8 poin dari tahun sebelumnya, tetapi masih jauh dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) sebesar 14%. 

ADVERTISEMENT

Marianus Mau Kuru, plt deputi bidang keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyoroti stunting sebagai permasalahan bersama.

“Mengurai masalah stunting  diperlukan kolaborasi dan konvergensi,” kata dia di Kupang dalam acara "Intervensi Stunting 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)" dalam keterangan yang diterima seperti dikutip Investor Daily, Senin (11/3/2024). 

Dengan dukungan bidan, maka target penurunan stunting akan lebih mudah dicapai.  

Untuk itu, pada edukasi yang dihadiri ratusan bidan di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini akan berdampak signifikan terhadap upaya penurunan stunting di Tanah Air. 

Dalam kesempatan yang sama Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ade Jubaedah, mengemukakan IBI berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk BKKBN, untuk menurunkan angka stunting, angka kematian ibu (AKI), dan angka kematian bayi (AKB). 

NTT pada 2022 masih memegang posisi tertinggi dalam angka balita stunting di Indonesai, meskipun terjadi penurunan dari tahun sebelumnya. Tingkat stunting tertinggi selanjutnya berturut-turut diikuti Sulawesi Barat, Papua, NTB, dan Aceh. 

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia GL Kalake, dalam sambutannya menekankan upaya bersama pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota untuk mempercepat penurunan stunting. Hal ini terbukti dengan penurunan stunting secara signifikan sejak 2019. 

Direktur Korporat Dexa Group, Tarcisius Tanto Randy, menjelaskan upaya penurunan angka stunting di Indonesia telah menjadi inisiatif strategis perusahaan yang fokus pada bidang kesehatan dan farmasi. “Kami mengembangkan platform digital untuk memantau kesehatan ibu hamil hingga masa menyusui, sehingga membantu pencapaian target penurunan stunting,” kata dia.

Stunting

Stunting NTT

Dexa Group

NTT

BKKBN

Penurunan Stunting

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Baca Juga

Komentar