BMKG Deteksi 99 Hotspot Karhutla di Riau, Kabupaten Meranti Terbanyak - BeritaSatu

 

BMKG Deteksi 99 Hotspot Karhutla di Riau, Kabupaten Meranti Terbanyak

Sabtu, 23 Maret 2024 | 10:10 WIB
Effendi Rusli / CAH

Satgas karhutla gabungan berusaha memadamkan api di lahan gambut Kabupaten Pelalawan, Rabu, 10 Maret 2024. (Beritasatu.com/Effendi Rusli)

Pekanbaru, Beritasatu.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mendeteksi 99 titik panas (hotspot) kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

Forecasters on Duty BMKG Pekanbaru, Mia V menjelaskan, seluruh titik panas tersebut tersebar di enam kabupaten/kota. Titik panas terbanyak berada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kabupaten Kepulauan Meranti ada 49 titik, Kota Dumai 29 titik, Kabupaten Kuantan Singingi satu titik, Kabupaten Indragiri Hulu satu titik, Kabupaten Pelalawan 7 titik, dan Kabupaten Siak 1 titik," kata Mia, Sabtu (23/3/2024).

Selain di Riau, terdapat 74 titik panas di Sumatera. Seluruh titik panas tersebut tersebar di 8 provinsi.

Total keseluruhan titik panas di Sumatera ada 173. Sementara 74 titik panas tersebar di Provinsi Bengkulu 2, Jambi 11, Lampung 3, Sumatera Barat 12, Sumatera Selatan 8, Sumatera Utara 2, Kepulauan Riau 30 dan Bangka Belitung 6.

Kemudian, BMKG juga memprakirakan kondisi cuaca untuk wilayah Kota Pekanbaru dan sekitarnya dari pagi hingga malam kabur dan berawan.

"Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, dan Indragiri Hulu," tuturnya.

Sementara, suhu udara 23– 32derajat celcius dengan kelembapan udara 50–99%, angin barat laut–timur laut dengan kecepatan berkisar 10-30 km/jam. "Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50–1.25 meter atau tergolong rendah," lanjutnya.

Simak berita dan artikel lainnya di
Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Bagikan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin

Opsitek