Hadapi Ramadan dan Lebaran, BI Solo Sediakan Uang Baru Rp 4,3 Triliun - BeritaSatu

 

Hadapi Ramadan dan Lebaran, BI Solo Sediakan Uang Baru Rp 4,3 Triliun

Solo, Beritasatu.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo menyiapkan uang layak edar atau uang baru sebesar Rp 4,3 triliun untuk memenuhi kebutuhan perbankan dan masyarakat, khususnya penukaran uang selama Ramadan dan Lebaran tahun ini. 

ADVERTISEMENT

Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Dwiyanto Cahyo Sumirat mengatakan, jumlah uang yang disediakan tersebut berdasarkan perkiraan jumlah perputaran uang selama masa Ramadan dan Lebaran di wilayah Solo Raya. 

“Jumlah tersebut merupakan perkiraan berdasarkan estimasi kebutuhan masing-masing perbankan serta memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Lebaran,” ujarnya kepada awak media usai acara Gerakan Pangan Murah Serentak di kantor Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (15/3/2024). 

Adapun untuk penukaran uang, Anto, sapaan akrabnya mengatakan jika dibandingkan tahun lalu, jumlah uang baru yang disediakan BI Solo tahun ini mengalami peningkatan meski tidak terlalu tinggi. 

“Tahun lalu kita sediakan Rp 4,1 triliun. Sehingga jika dibandingkan dengan tahun lalu ada kenaikan, tetapi sedikit. Kita naikkan jumlahnya karena mempertimbangkan perekonomian yang semakin berkembang. Sehingga kebutuhan masyarakat semakin meningkat, meski kita juga terus mendorong penggunaan transaksi nontunai,” kata dia. 

Sedangkan untuk penukaran uang baru, Anto mengatakan akan dimulai secara resmi pada 20 Maret 2024 di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo (MRSZS) dan setelah itu bisa dilakukan di 93 titik penukaran uang yang tersebar di wilayah Solo Raya. 

“Kita pilih di Masjid Zayed sekalian momentum buka bersama sehingga banyak masyarakat yang berkumpul. Kemudian di sana juga kan ikon wisata religi di Kota Solo, sehingga bisa kita maksimalkan untuk mengenalkan BI Solo juga,” ucapnya. 

Sementara itu, pada acara Gerakan Pangan Murah Serentak, masyarakat juga memanfaatkannya untuk menukarkan uang di mobil kas keliling BI Solo yang ada di halaman kantor Kecamatan Banjarsari. 

Meski Lebaran masih lama. tetapi cukup banyak warga yang ikut antre untuk bisa menukar uang baru, Ngatiman salah satunya. Warga Bibis, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari itu mengaku menukarkan uang untuk diberikan saat Lebaran nanti.

“Biasanya setiap mau Lebaran pasti tukar uang baru untuk diberikan ke anak-anak saudara dan tetangga saat Idulfitri. Ini kebetulan tadi lewat pas mau ambil dagangan ternyata ada mobil penukaran uang, ya sekalian mampir menukarkan uang. Ini tadi sepaket Rp 3,8 juta,” kata dia. 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Ikuti Berita-Berita Ekonomi Terkini Hanya di IDTV

Baca Juga

Komentar